visitaaponce.com

Dibatasi 30 Menit, Pemudik Diminta Tidak Menumpuk di Rest Area

Dibatasi 30 Menit, Pemudik Diminta Tidak Menumpuk di Rest Area
Bilik istirahat 'Rest Area' KM 57, Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat.(Antara)

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) meminta masyarakat untuk tidak bertumpuk di tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau dikenal rest area mudik.

Pemudik yang ingin istirahat di rest area dibatasi selama 30 menit. Lebih dari waktu itu, pemudik akan diimbau untuk meninggalkan rest area.

"Dalam rest area dibatasi 30 menit. Kalau sudah penuh pasti petugas akan menutup rest area sementara," kata Juru bicara Kemenhub Adita Irawati saat dihubungi, Selasa (18/4).

Baca juga : Berlaku Mulai 18 April, Cek Jadwal Ganjil Genap Mudik Lebaran 2023 di Tol Trans-Jawa

Pemudik, lanjutnya, akan diarahkan berhenti di rest area berikutnya bila tempat istirahat tersebut sudah penuh sesuai kuota parkir yang ada.

Sebelumnya, Kepala Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Pitra Setiawan menjelaskan puncak arus mudik diprediksi terjadi pada H-1 atau pada 21 April 2023. Namun begitu ada penyesuaian waktu cuti bersama, kemungkinan terjadi lonjakan penumpang sejak malam ini. "Oleh karena itu kami minta masyarakat untuk mudik lebih awal dan menghindari puncak arus mudik,” ujarnya.

Menurutnya, suksesnya penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun ini juga dari peran aktif masyarakat sehingga tanggung jawab tidak hanya di pemerintah saja.

Baca juga : Sistem Satu Arah Mudik Lebaran 2023 Berlaku 18 April, Cek Jadwalnya

Dengan demikian diharapkan masyarakat sebelum melakukan perjalanan untuk merencanakan dan mengatur perjalanan dengan baik. Mulai dari menyiapkan kendaraannya, kondisi fisik pengemudinya, rute, dan waktunya.

Hingga 17 April 2023 atau H-5 Lebaran, PT Jasamarga Transjawa Tol mencatat sebanyak 168.443 kendaraan meninggalkan Jakarta. Total volume kendaraan yang meninggalkan wilayah Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama ini naik 95,23% jika dibandingkan lalu-lintas (lalin) normal sebanyak 86.279 kendaraan.

Selain itu, PT Lintas Marga Sedaya (ASTRA Tol Cipali) menyebut kondisi arus lalu lintas di Tol Cipali terpantau ramai lancar. Diperkirakan hingga nanti malam terjadi peningkatan volume lalu lintas sebesar 4% dibanding kondisi normal atau sebanyak 106 ribu kendaraan melintas.

Baca juga : Korlantas Terapkan Contra Flow di Tol Jakarta-Cikampek sampai Siang Ini

Volume arus lalu lintas pada hari Senin, 17 April 2023 tercatat 88 ribu kendaan melintas di Tol Cipali, sehingga total kendaraan yang melintas hingga H-5 Lebaran mencapai 433 ribu kendaraan melintas di Tol Cipali. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat