visitaaponce.com

Bikin Macet, 12 Ribu Kendaraan Alami Saldo E-Toll Kurang saat Arus Mudik

Bikin Macet, 12 Ribu Kendaraan Alami Saldo E-Toll Kurang saat Arus Mudik
Kendaraan melintasi gerbang tol Kalikangkung(Antara/M Risyal Hidayat)

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengungkapkan terdapat 12.209 kendaraan dengan saldo kurang di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada 15-21 April atau H-7 sampai H-1 arus mudik Idul Fitri 1444 H. Di GT Kalikangkung, pengguna jalan membayar tarif tol dari Cikampek menuju Semarang.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menuturkan, dengan melakukan pengisian kartu tol atau top up di gardu tol karena kekurangan saldo, maka akan mengakibatkan waktu penundaan perlintasan yang cukup signifikan. Macet di pintu gerbang tol pun tak terhindarkan.

“Dengan adanya waktu penundaan tersebut, kami mencatat rata-rata penurunan kapasitas transaksi gardu tol di GT Kalikangkung sebesar -5% per jam," jelasnya dalam keterangannya, Senin (24/4).

Baca juga: Lalu Lintas di Km 72 Tol Cipali hingga Km 414 Tol Kalikangkung Kembali Normal

Lisye menambahkan yang semula dalam 1 menit petugas bisa melayani transaksi hingga lima kendaraan, jika pengguna jalan kurang saldo dan harus melakukan top up di gardu tol, maka 1 menit akan hanya bisa melayani satu kendaraan saja.

"12.209 kendaraan dengan saldo kurang itu sebesar 3,97% dari total 306.980 kendaraan yang melakukan transaksi di GT Kalikangkung," sebutnya.

Baca juga: Tol Kalikangkung Berlaku One Way, 30 Ribu Kendaraan Melintas Per Jam

Lisye mengingatkan, pengguna jalan dengan perjalanan menerus untuk arus balik, terutama dari arah Semarang menuju Jakarta, harus menyiapkan e-toll dengan saldo minimal sebesar Rp500.000. Sedangkan untuk pengguna jalan dari Surabaya, agar menyiapkan e-toll dengan saldo minimal sebesar Rp800.000.

Transaksi di jalan Tol Trans Jawa tertutup atau tarif sesuai jarak, hanya bisa menggunakan e-toll yang sama saat tap in dan tap out sehingga saat saldo kurang tidak bisa meminjam e-toll pengguna jalan lainnya.

"Untuk itu pastikan kecukupan saldo e-toll untuk menghindari antrean di gerbang tol," tegas Lisye. (Ins/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat