visitaaponce.com

Pimpinan Kadin se-Indonesia akan Bahas Penggunaan Aspal Buton secara Nasional

Pimpinan Kadin se-Indonesia akan Bahas Penggunaan Aspal Buton secara Nasional
Para pekerja mengolah aspal buton.(MI/Halim Agil)

Pimpinan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) seluruh Indonesia dijadwalkan berkunjung ke Sulawesi Tenggara (Sultra) membahas pemanfaatan aspal Buton secara nasional. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Kadin Sultra Anton Timbang melalui keterangan resmi, Rabu (26/4).

"Dalam waktu dekat kami akan mengundang para ketua Kadin seluruh Indonesia, sekaligus saya menjelaskan tentang potensi kekayaan dan kualitas Aspal Buton untuk bisa dikelola secara nasional," ujar Anton.

Ia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Gubernur Sultra Ali Mazi agar rencana tersbeut bisa diimplementasikan dengan baik. Dengan demikian, target Presiden Joko Widodo yang ingin menjadikan aspal Buton digunakan secara nasional di 2024 bisa terwujud.

Baca juga: Kemenperin Terus Pacu Hilirisasi Aspal Buton

"Kami juga berharap peran aktif pemerintah provinsi serta kabupaten/kota se-Sultra untuk menjadi contoh. Mereka harus mulai menggunakan aspal Buton untuk pelaksanaan pembangunan jalan-jalan provinsi maupun ruas-ruas jalan di kabupaten dan kota, ucap Anton.

Sementara itu, ketua komisi 3 DPRD Sultra Suwandi Andi, mendukung 100% langkah strategis dan terobosan ketua umum Kadin Sultra Anton Timbang untuk menggelar pertemuan nasional seluruh ketua Kadin membahas pemanfaatan potensi tambang aspal Buton.

Baca juga: Investor Asing Berminat Kembangkan Industri Aspal Indonesia

"Kami berharap kepada seluruh pemerintah daerah di 17 kabupaten/kota untuk mendukung penuh rencana pertemuan seluruh ketua Kadin di Sultra, sehingga pemanfaatan sumber daya alam Aspal Buton secara nasional segera terwujud demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat," ucap Suwandi.

Kabupaten Buton merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi sumber daya alam aspal terbanyak yakni mencapai 662 juta ton. Itu dapat dimanfaatkan untuk pembangunan selama ratusan tahun ke depan.

Selama ini kendala yang dihadapi dalam pengelolaan aspal Buton secara
Nasional adalah tidak adanya regulasi yang mengatur tetnang penggunaannya.

Kendati demikian, Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja di Pasarwajo kabupaten Buton akhir September 2022 lalu, sudah memberi lampu hijau untuk menerbitkan Keputusan Presiden (Kepres) penggunaan aspal Buton dalam pembangunan infrastruktur jalan di tanah air mulai 2024 mendatang. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat