visitaaponce.com

Ini Penyebab Tenggelamnya Kapal di Buton Tengah yang Tewaskan 15 Orang

Ini Penyebab Tenggelamnya Kapal di Buton Tengah yang Tewaskan 15 Orang
Proses pencarian korban kecelakaan kapal di Buton Tengah, Sulawesi Tenggara.(AFP)

KASAT Reskrim Polres Buton Tengah, Iptu Sunarton, membeberkan, penyebab kecelakaan kapal laut di Mawasangka Tengah Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara, adalah kelebihan muatan atau overload. Menurut dia, seharusnya kapal hanya memuat 5 sampai 15 orang penumpang, tetapi kali ini pihak nahkoda memuat penumpang sebanyak 48 orang.

"Alhasil kapal ini ketika berjalan terlalu berat. Penumpang semua terkumpul ke depan dan air masuk dalam kapal," katanya, Senin, (24/7).

"Ketika ada penumpang yang teriak ada masuk air penumpang lari ke samping sehingga kapal terbalik," tambah Sunarton.

Baca juga: 15 Orang Tewas dalam Kecelakaan Kapal di Buton Tengah

Selanjutnya, kata dia, Nahkoda Kapal La Sarudin mengaku dirinya lalai dalam kejadian ini. Sebab memberikan izin semua penumpang naik dengan melebihi kapasitas muatan.

"Sewa kapal penyeberangan dari Desa Linabanggai ke Desa Lagili Rp10 ribu perorang, tetapi menurut Nahkoda kapal, penumpang hanya bayar Rp5 perorang," jelasnya.

Menurut dia, kejadian ini diperkirakan sekitar pukul 00.20 WITA, Senin (24/7).

Baca juga: Kapal Barang Terombang-ambing Belasan Jam di Mentawai

Kecelakaan

Seperti diketahui, sebanyak 15 orang tewas akibat kecelakaan yang menyebabkan kapal penyeberangan antar-desa tenggelam pada Senin, (24/7) di perairan Teluk Mawasangka Tengah, Kabupaten Buton Tengah, Provinsi Sulawesi Tenggara. Sementara itu 33 orang lain berhasil diselamatkan dari kecelakaan tersebut.

"Perkembangan identifikasi korban dari pihak Polres Buton Tengah, jumlah korban selamat sebanyak 33 orang, korban meninggal dunia sebanyak 15 orang," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari Muhammad Arafah di Kendari, Senin, (24/7).

Arafah mengatakan di antara korban kecelakaan kapal yang selamat hanya enam yang didata, 27 orang lainnya tidak sempat didata karena langsung pulang ke rumah masing-masing.

Dia menyampaikan, total ada 48 orang yang dilaporkan berada di dalam kapal yang tenggelam di perairan Teluk Mawasangka Tengah pada Senin dini hari dan semuanya sudah ditemukan.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat