visitaaponce.com

Airlangga 156 Proyek PSN Telah Rampung Dengan Nilai Lebih Dari Rp1.000 Triliun

Airlangga: 156 Proyek PSN Telah Rampung Dengan Nilai Lebih Dari Rp1.000 Triliun
MRT Jakarta salah satu proyek strategis nasional yang telah rampung di fase 1(MI/Susanto)

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato menyampaikan, saat ini Proyek Strategis Nasional (PSN) telah memasuki tahun ke-delapan dengan 156 proyek pembangunan PSN telah diselesaikan.

"PSN sudah berjalan 8 tahun, total sudah selesai 156 PSN dengan nilai lebih dari Rp1.000 triliun di seluruh Indonesia," kata Airlangga dalam acara Sewindu Proyek Strategis Nasional yang digelar KPPIP di Jakarta, Senin (8/5).

Beberapa proyek tersebut diantaranya seperti, bandara, jalan tol, bendungan, fasilitas gas, kereta api, termasuk juga MRT yang saat ini menurutnya proyek tersebut sukses dalam membangun Jakarta.

Baca juga : MRT Jakarta Targetkan Kantongi Sertifikat Green Building pada 2030

"MRT telah membuat lanskap Jakarta berubah dan itu dapat dirasakan. Tapi MRT baru Selatan ke Pusat. Pusat sampai dengan Utara itu dalam proses, itu fase dua. Dan Timur ke Barat, itu juga sedang dalam proses studi," tuturnya.

Dari data KPPIP, pada 2021 lalu ada 24 proyek PSN selesai dengan nilai Rp125,9 triliun. Proyek PSN yang selesai di 2021 meliputi 6 jalan tol, 1 kereta, 1 kawasan, 1 perumahan, 2 SPAM, 11 bendungan, 1 pelabuhan, dan 1 pembangunan sektor teknologi.

Airlangga menambahkan, salah satu kendala dalam pembangunan proyek PSN ini adalah terkait dengan pembebasan lahan. Menurutnya, banyak proyek lewat dari target karena masalah pembebasan lahan.

Baca juga : Menko Airlangga Tegaskan agar Infrastruktur dan Konektivitas ASEAN Segera Diwujudkan

"Tentunya, Masalah klasik dalam proyek PSN ini adalah pembebasan lahan. Banyak proyek telat karena pembebasan lahan ini. Oleh karena itu, pastinya hal ini akan segera diselesaikan oleh KPPIP," ujarnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat