visitaaponce.com

Ekonom PSN Punya Dampak Signifikan Pada Ekonomi Nasional

Ekonom : PSN Punya Dampak Signifikan Pada Ekonomi Nasional
Bendungan Ciawi salah satu proyek strategis nasional(Antara/Raisan Al Farisi)

PENELITI Ekonomi Regional LPEM FEB Universitas Indonesia (UI) Khoirunurrofik menyebut, proyek strategis nasional (PSN) sangat berdampak pada ekonomi nasional. Dampak itu terlihat sejak tahap konstruksi dan saat proyek sudah beroperasi.

"Dalam kajian kami ini hanya melihat dampak ekonomi dari proses konstruksinya. Nilai ekonomi akan sangat jauh naik kalau dampak operasional PSN setelah selesai ikut dipertimbangkan," ujarnya dalam acara Sewindu Proyek Strategis Nasional yang digelar KPPIP di Jakarta, Senin (8/5).

Sejak 2016 hingga Februari 2022, sebanyak 132 PSN selesai dengan nilai investasi sebesar Rp845,9 triliun. Angka itu dinilai memberikan stimulus ekonomi nasional hingga Rp1.670 triliun atau dua kali lipatnya.

Baca juga : Fundamen Ekonomi Indonesia Masih Cukup Baik. Ini Alasannya

Menurutnya, infrastruktur merupakan urat nadi perekonomian Indonesia. Hal itu dikarenakan infrastruktur memudahkan barang, jasa, pengetahuan, dan budaya terhubung antarwilayah, sehingga terjadi peningkatan produktivitas secara keseluruhan.

"Infrastruktur akan mengurangi biaya, biaya transportasi, biaya harga. Itu ongkos produksi bisa ditekan," tuturnya.

Ia menambahkan, dampak ekonomi berkaitan erat dengan kondisi bahan baku yang bisa disediakan dari lokal. Ketika proyek PSN banyak disuplai oleh industri dalam negeri maka dampak ekonominya akan lebih jauh meningkat.

Baca juga : Pertumbuhan Ekonomi Triwulan III Melambat, Alarm yang Tidak Boleh Diabaikan

Diketahui, sampai Mei 2023, total PSN yang sudah selesai sebanyak 156, dengan nilai investasi lebih dari Rp1.000 triliun di seluruh Indonesia.

Beberapa proyek tersebut diantaranya seperti, bandara, jalan tol, bendungan, fasilitas gas, kereta api, termasuk juga MRT yang saat ini proyeknya tersebut sukses dalam membangun Jakarta. (Z-5)

Baca juga : Legalitas UMKM Mampu Menjaga Iklim Usaha Lebih Kondusif

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat