visitaaponce.com

MRT Jakarta Targetkan Kantongi Sertifikat Green Building pada 2030

MRT Jakarta Targetkan Kantongi Sertifikat Green Building pada 2030
Ilustrasi(Antara)

PT MRT Jakarta menargetkan meraih sertifikat bangunan hijau berkelanjutan atau green building di seluruh sarana perkeretaapian dan nonperkeretaapian pada 2030 mendatang. Untuk mencapai target tersebut, PT MRT Jakarta dan Green Building Council Indonesia (GBCI) menyepakati kerja sama penelitian, pengembangan, dan pengimplementasian konsep pembangunan berkelanjutan.

Dokumen kerja sama diserahkan oleh Ketua Umum Green Building Council Indonesia Iwan Prijanto kepada Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta Mega Tarigan selaku Ketua Komite Keberlanjutan PT MRT Jakarta di Gedung Transport Hub, Jakarta Pusat, Selasa (19/12).

“Melalui kerja sama ini, PT MRT Jakarta berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya mendukung pencapaian net-zero emission Indonesia pada 2050 mendatang. Konsep berkelanjutan green buildin merupakan konsep pembangunan yang sejak tahap perencanaan dan desain, konstruksi, dan operasinya memperhatikan aspek berkelanjutansehingga dapat mengurangi dampak negatif bagi alam dan lingkungan," jelas Mega dalam keterangan resmi, Rabu (20/12).

Baca juga: Tingkatkan Layanan Transportasi, Mastercard Jalin Kemitraan dengan MRT Jakarta

“Bersama GBCI, dukungan net-zero emission Indonesia pada 2050 akan kami lakukan melalui berbagai inisiatif mulai dari aspek perencanaan, pembangunan, hingga pengoperasian seluruh sarana dan prasarana yang MRT Jakarta miliki,” tambahnya.

Lebih jauh lagi, langkah-langkah ini telah tertuang ke dalam strategi keberlanjutan MRT Jakarta sebagai bagian dari Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) 2030.

Senada dengan Mega, Iwan menyambut baik kerja sama ini. Menurut dia, GBCI melakukan edukasi, sosialisasi, pelatihan, serta menerbitkan sertifikasi green building berdasarkan penilaian universal.

Baca juga: Pecah Rekor, MRT Jakarta Angkut 163 Ribu Penumpang Saat Konser Coldplay

“Hal ini sesuai dengan MRT Jakarta yang telah menjadi world-class operator. Kami menyambut baik kerja sama dan kolaborasi dalam mewujudkan konsep green building dan kawasan hijau yang lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan terhadap lingkungan perkotaan Jakarta,” pungkasnya.

Rencananya, kerja sama ini akan berlangsung hingga dua tahun ke depan. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat