visitaaponce.com

Motor Listrik Bisa Hemat Biaya Operasional hingga 75

Motor Listrik Bisa Hemat Biaya Operasional hingga 75%
Petugas mengecek kendaraan listrik yang dipamerkan(Antara )

DIREKTUR Utama (Dirut) PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menyampaikan, dengan masyarakat menggunakan kendaraan listrik mampu menghemat biaya operasional hingga 75%. Hal ini disampaikan saat showcase kendaraan listrik dalam gelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 yang berlangsung pada 17-21 Mei 2023 di JIExpo Kemayoran Jakarta.

Darmawan menjelaskan dengan asumsi tarif listrik sebesar Rp1.699 per kilowatt hour (kWh), hanya diperlukan Rp2.500 untuk sepeda motor listrik menempuh jarak 50 kilometer (km) dan 10 km untuk mobil listrik. Sedangkan, jika masyarakat menggunakan bahan bakar minyak (BBM) harus menghabiskan sekitar Rp14 ribu untuk menempuh jarak yang sama.

"Dengan menggunakan motor listrik, masyarakat lebih hemat biaya 75% dibanding menggunakan sepeda motor berbasis BBM," ungkap Darmawan dalam keterangannya, Rabu (17/5).

Baca juga: Nilai Mobil Listrik di Aturan Menkeu sebagai Batas Atas

Dirut PLN menambahkan dengan menggunakan kendaraan listrik masyarakat juga mendapatkan manfaat penghematan tambahan dalam sisi perawatan yakni tidak memerlukan penggantian oli.

"Selain itu, spare part motor maupun mobil listrik juga lebih sedikit jika dibandingkan dengan motor ataupun mobil berbasis BBM,” ucap Darmawan.

Baca juga: PLN Tambah 16 Pembangkit Hijau untuk Pasok Kelistrikan di Jawa Timur

Ia menyebut ekosistem kendaraan listrik di Indonesia kini telah semakin kuat. Dari sektor hulu, melalui Indonesia Battery Corporation (IBC), Kementerian BUMN telah mendorong terciptanya industri baterai dalam negeri.

Lebih dari itu, infrastruktur ekosistem kendaraan listrik Tanah Air juga telah siap digunakan dengan disediakannya stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU), stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU), layanan pengisian baterai di rumah atau home charging, hingga platform one stop services untuk pemilik kendaraan listrik yaitu electric vehicle digital services (EVDS) yang tersedia di aplikasi PLN Mobile.

"Harapannya ini akan terjadi shifting baik di hulu maupun di hilir dari energi berbasis impor yang kotor dan mahal menjadi energi berbasis bersih dan murah," sebutnya. (Ins)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat