visitaaponce.com

Sebanyak 234 Wilayah Berlakukan Beli Solar dengan Kode QR

Sebanyak 234 Wilayah Berlakukan Beli Solar dengan Kode QR
Pembelian bbm subsidi dengan menggunakan QR code di SPBU Pertamina.(MI/Dwi Apriani)

Program Subsidi Tepat yang dijalankan PT Pertamina (Persero) dengan mekanisme kode QR atau full QR code diberlakukan di 234 kota/kabupaten seluruh Indonesia. QR code akan diberlakukan untuk pembelian solar.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan penyaluran solar subsidi diatur dalam Surat Keputusan BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH MIGAS/KOM/2020 mengenai Pengendalian Penyaluran Jenis BBM Tertentu, baik kriteria kendaraan dan volume atau kuota hariannya.

"Kami bertahap memberlakukan full QR code untuk solar subsidi. Ini upaya untuk memastikan masyarakat terbiasa memanfaatkan QR code," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (25/5).

Baca juga: Pertamina Wajibkan Pembeli Solar Pakai Kode QR, Ini Lokasinya

Menurut Irto penerapan full QR code memiliki beberapa manfaat bagi pengguna solar subsidi itu sendiri, terutama dalam hal keamanan kuota harian yang berhak dibeli oleh penggunanya. Bagi Pertamina, program ini menjadi evaluasi atas modus penyalahgunaan oknum tidak bertanggung jawab.

Ketika skema input nomor polisi masih diperbolehkan, lanjut Irto, banyak kejadian nomor polisi konsumen sudah digunakan oleh oknum tidak bertanggungjawab.

"Full QR code ini bisa menjadi jawaban karena semua transaksi benar-benar sesuai dengan scan QR code. Untuk keamanan, QR code dapat direset berkala tanpa ada batas," ucapnya.

"Jika data hilang atau curiga digunakan bisa diganti dengan QR code baru melalui website Subsidi Tepat,” pungkas Irto.

Per 25 Mei, Progran Full QR Code diberlakukan secara bertahap dimulai di 234 kota/kabupaten. Wilayah-wilayah ini sepanjang periode dua minggu kebelakang sudah menerapkan mekanisme Full Registrant dan performa transaksi penggunaan QR-nya sudah cukup baik dan siap menerapkan Full QR.

Irto melanjutkan pada awal penerapan Full QR Code, Pertamina Patra Niaga menyiapkan antisipasi untuk memudahkan masyarakat, salah satunya adalah penyediaan titik untuk mencetak kode QR di beberapa stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

“Jadi masyarakat yang pakai QR code bisa dibantu di SPBU dan bisa langsung melanjutkan transaksi pembelian solar,” kata Irto.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat