visitaaponce.com

Pertamina Wajibkan Pembeli Solar Pakai Kode QR, Ini Lokasinya

Pertamina Wajibkan Pembeli Solar Pakai Kode QR, Ini Lokasinya
Ilustrasi pengisian BBM Solar subsidi(Antara/Fikri Yusuf)

SETELAH pelaksanaan uji coba Subsidi Tepat dilaksanakan, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat menerapkan skema full registran, yakni mewajibkan konsumen yang membeli bahan bakar minyak (BBM) solar menggunakan kode QR atau QR code lewat aplikasi MyPertamina.

Pelaksanaan skema full registran dimulai pada hari ini, Kamis (11/5), di Provinsi Banten dan Jawa Barat. Ketentuan ini akan bertahap dilaksanakan di wilayah Jawa bagian barat lainnya yakni di DKI Jakarta mulai Kamis (25/5), dan di Kabupaten Kepulauan Seribu pada Kamis (8/6).

Pejabat sementara (Pjs) Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Joevan Yudha Achmad menjelaskan lewat skema tersebut, kendaraan konsumen yang sudah terdaftar dapat melakukan pembelian solar meskipun tidak menunjukkan atau membawa kode QR, sedangkan yang belum terdaftar tidak dapat dilayani.

Baca juga : Penyaluran BBM Melonjak 200% Selama Musim Mudik

"Upaya dari Pertamina ini untuk menyalurkan solar tepat sasaran dan tepat volumenya. Para pengguna BBM subsidi harus terdaftar untuk bertransaksi," jelasnya dalam keterangan resmi, Kamis (11/5).

Adapun wilayah yang sudah mulai diberlakukan pelaksanaan skema full registran mulai hari ini di Banten meliputi Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Cilegon, Kota Serang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Baca juga : Tinjau Command Center Pertamina, Erick Thohir Pantau Stok dan Upaya Antisipasi Kebocoran BBM

Setelah Banten, Jawa Barat juga akan menerapkan skema full registran. Wilayah ini meliputi Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Bandung, Kota Banjar, Kota Bekasi, Kota Cimahi, Kota Cirebon, Kota Sukabumi dan Kota Tasikmalaya.

Joevan juga mengingatkan kepada masyarakat saat ini pendaftaran Program Subsidi Tepat masih terus berlangsung. Diharapkan, masyarakat segera melakukan pendaftaran melalui website subsiditepat.mypertamina.id, aplikasi MyPertamina atau datang langsung ke stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

"Sistem sudah tersinkronisasi dengan baik, sehingga tak butuh waktu lama untuk melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat ini," ucapnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat