visitaaponce.com

Penyaluran BBM Melonjak 200 Selama Musim Mudik

Penyaluran BBM Melonjak 200% Selama Musim Mudik
Arus Balik Lebaran, Pertamina Pastikan Stok BBM Aman(MI / Dwi Apriani)

KEPALA Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Erika Retnowati menuturkan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) jenis gasoline seperti Pertalite dan Pertamax series melonjak hingga 200% di sejumlah kota, utamanya di Jawa Tengah (Jateng) saat periode angkutan Lebaran 2023.

Ia mengatakan Jateng merupakan wilayah tujuan mudik, atau sebagai tempat transit pemudik menuju Jawa Timur. Sehingga, wajar penyaluran BBM di wilayah tersebut lebih tinggi dibanding kondisi normal.

"Di Jateng itu penyaluran gasoline tertinggi ada di Kabupaten Brebes pada 20 April mencapai 222,9% dari hari normal. Ini naik dua kali lipat," kata Erika dalam konferensi pers Penutupan Posko Ramadan dan Idul Fitri 2023, Jakarta, Selasa (2/5).

Baca juga : BPH Migas dan Komisi VII Tinjau Kesiapan BBM di Terminal Panjang Lampung

Beberapa kota lainnya seperti Cirebon, Mojokerto, Pekalongan, Batang, Pemalang, Tegal, Semarang, Wonogiri juga mengalami peningkatan konsumsi BBM gasoline dari 170% hingga 200% dibanding hari normal.

Baca juga : Antisipasi Arus Mudik, Pertamina Siaga Hadir Jamin Kebutuhan Energi Masyarakat

Sementara, untuk penyaluran Solar selama arus mudik secara umum turun 22% dibanding hari normal. Hal ini karena memang industri banyak yang libur dan kendaraan berat tidak diperkenankan melintas di jalan tol saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

Erika menyampaikan, untuk penyaluran BBM tertinggi secara nasional terjadi pada arus mudik pada, Kamis (20/4), dengan kenaikan gasoline sebesar 40,78% dibanding penyaluran normal.

Sementara untuk arus balik, kenaikan gasoline secara nasional terjadi pada, Selasa (25/4), dengan melonjak sebesar 17,71% dibanding hari normal.

"Untuk arus balik kedua terjadi pada, Sabtu (29/4), dengan kenaikan gasoline mencapai 12,95% dari penyaluran normal," jelas Erika.

Selama periode Posko Ramadan dan Idul Fitri 2023 yang diawasi BPH Migas dari 10 April hingga 2 Mei 2023, ketersediaan stok dan penyaluran BBM secara umum aman di level 4-77 hari operasi. Pertalite menjadi BBM yang paling banyak dikonsumsi masyarakat dengan stok ketersediaan 20 hari operasi.

BPH Migas bersama Pertamina menyiapkan 7.491 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), menyiagakan 114 terminal BBM, 400 motoris di sejumlah titik jalur mudik untuk membantu pengendara yang kehabisan bensin di tengah jalan. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat