visitaaponce.com

Ibas PHE Berperan Besar Menjaga Ketahanan Energi Nasional

Ibas: PHE Berperan Besar Menjaga Ketahanan Energi Nasional
Anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono(MI/HO)

ANGGOTA DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono mendukung PT Pertamina Hulu Energi (PHE), selaku Subholding Upstream, untuk berperan sebagai kontributor utama produksi migas nasional. Pada 2022, PHE memberikan kontribusi sebesar 68% produksi minyak nasional dan 34% produksi gas nasional. 

"Kita ketahui PT Pertamina Hulu Energi memiliki peran besar menjaga ketahanan energi nasional dan ini penting diketahui seluruh warga masyarakat Indonesia, kususnya Kabupaten Pacitan," kata pria yang akrab disapa Ibas itu, Kamis (1/6).

Menurut Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI itu, selain untuk menjaga keberlanjutan bisnis, PHE juga melakukan pengeboran sumur eksplorasi untuk mencari potensi cadangan baru. 

Baca juga: Safari Ramadan di Magetan, Ibas Ajak Masyarakat Guyub 

"Dalam rangka mendukung Green Strategy Holding, PHE tentunya berupaya untuk melakukan berbagai macam program dekarbonisasi," imbuhnya.

Berdasarkan data Rencana Umur Energi Nasional (RUEN), bauran komposisi energi akan berubah perlahan hingga 2050 saat energi baru terbarukan akan mendominasi kebutuhan energi nasional.

"Sejalan dengan hal tersebut, volume kebutuhan akan energi fosil pun akan meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan energi nasional, PHE menjalankan strategi untuk melawan laju penurunan alamiah (natural declining rate) melalui pengeboran sumur pengembangan, perawatan sumur, dan melakukan ekpansi," jelasnya.

Baca juga: Gerakan Ekonomi Rakyat, Ibas Resmikan Bantuan Bedah Rumah di Pacitan 

Lebih lanjut, kembali dia menambahkan keberlanjutan bisnis PHE, salah satunya melalui pemanfaatan sumber energi gas sebagai energi transisi yang rendah emisi dan ramah lingkungan. Hal tersebut tercermin dari project gas yang telah onstream seperti Jambaran Tiung-Biru (JTB) di Jawa Timur dan temuan potensi cadangan gas melalui pengeboran sumur eksplorasi di beberapa wilayah Indonesia.

"PHE dalam kinerjanya pun memperhatikan lingkungan sekitar atau ramah lingkungan. Sekaligus sebagai energi transisi yang rendah emisi," ucapnya.

Seluruh strategi yang dijalankan memiliki kebutuhan pendanaan yang tidak sedikit sehingga PHE perlu mendapatkan dukungan dari berbagai aspek, termasuk langkah-langkah investasi yang transparan agar kegiatan operasional bisa berjalan lancar untuk menjaga ketahanan energi nasional. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat