visitaaponce.com

Pangansari Pasok Makanan Jemaah Haji Indonesia

Pangansari Pasok Makanan Jemaah Haji Indonesia
Penandatanganan nota kesepahaman (MOU) antara Pangansari Utama dan Amphuri(Dok. Pangansari Utama )

PT Pangansari Utama mulai tahun ini memasok makanan untuk jemaah haji asal Indonesia selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi. Kepastian ini diperoleh setelah ditandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MOU) antara Pangansari Utama, sebagai perusahaan katering (food industry) dengan DPP Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri), di Jakarta, Selasa (06/06).

Nota kesepahaman ditandatangani langsung Direktur PT Pangansari Group, Avi Pranantha dengan Ketua Umum DPP Amphuri, Firman M. Nur. Firman mengatakan, kerja sama ini dilatarbelakangi kerinduan Amphuri agar dapat menyediakan makanan citarasa Indonesia bagi para jamaah haji dan umrah. Sebelumnya, Amphuri menyediakan masakan lokal Arab untuk dikonsumsi jemaah . Namun, tidak semua jemaah dapat menikmati menu ala Timur Tengah.

“Sebuah kebahagiaan bagi Amphuri untuk dapat menyajikan makanan khas Indonesia di Tanah Suci mulai musim haji tahun ini melalui layanan industri catering Indonesia, PT Pangansari Utama di Mekkah,” kata Firman. 

Baca juga: PT Pangansari Utama Siap Kembangkan Pasar Luar Negeri

Amphuri tahun ini melayani ribuan jemaah haji khusus. Namun menurut Firman, yang menjadi prospek lebih besar adalah jemaah umrah setelah musim haji, yang diperkirakan mencapai lebih dari 2 juta jemaah hingga akhir tahun ini.

Direktur PT Pangansari Group, Avi Pranantha, mengatakan, PT Pangansari Utama menjadi mitra Amphuri melalui anak usahanya Middle East Media Sari (MEMS) Co. Ltd. MEMS merupakan perusahaan penanaman modal asing (PMA) di Arab Saudi dan merupakan satu-satu perusahaan catering (food industry) Indonesia yang beroperasi di Arab Saudi.

Baca juga: Chef PT Pangansari Utama Food Industry Berikan Pelatihan di SSB Lhokseumawe

Avi Pranantha yang juga Direktur Utama MEMS mengatakan,  meskipun ini adalah layanan katering pertama di luar negeri, namun sebelumnya Pangansari telah melakukan pengiriman produk makanan, termasuk pengiriman 56 ton bumbu dan pengiriman makanan siap saji ke Arab Saudi.

Menurut Avi, kerja sama antara Amphuri dan Pangansari diproyeksikan berlangsung dalam jangka panjang, untuk memastikan jemaah haji dan umrah asal Indonesia bisa menikmati menu khas Nusantara saat beribadah di Tanah Suci. Beberapa menu yang ditawarkan Pangansari Utama di antaranya bubur kacang hijau, soto, nasi padang, dan menu-menu khas Indonesia lainnya akan dirotasi sepanjang waktu demi memuaskan lidah para jemaah .

“Kerjasama dengan Amphuri menyediakan katering bagi jamaah haji dan umrah ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk melebarkan pasar di luar negeri, sekaligus lebih mempopulerkan makanan khas Indonesia di luar negeri. Proses ini sudah kami jajaki sejak tiga tahun lalu, namun terkendala oleh pandemi. Tahun ini Indonesia sudah bisa mengirimkan jamaah haji secara penuh. Inilah kesempatan untuk menunjukkan bahwa kita mampu melayani para tamu Allah dengan lebih baik. Itu tujuannya,” kata Avi. (RO/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat