visitaaponce.com

Tersemat QR Code, Prangko Kini Jadi Lebih Hidup

Tersemat QR Code, Prangko Kini Jadi Lebih Hidup
Ilustrasi(Antara)

Pos Indonesia melakukan inovasi dengan menerapkan teknologi QR code dalam prangko. Melalui QR code tersebut, para kolektor atau pemilik prangko bisa mengakses laman resmi Pos Indonesia yang berisikan cerita di balik gambar prangko.

"Saat perangko dipindai, kita akan langsung tersambung ke website sehingga bisa tahu cerita di balik gambar itu. Ada cerita di balik gambar, kejadiannya apa, dan sebagainya," ujar   Dirut Pos Indonesia Faizal Djoemadi melalui keterangan tertulis, Rabu (14/6)

Dengan memanfaatkan teknologi, prangko kini bisa jadi lebih hidup.

Baca juga: Korea Post Luncurkan Perangko untuk Peringati 10 Tahun Debut BTS

"Kita tidak hanya melihat gambar mati, tetapi ada cerita di baliknya," sambung Faizal.

Salah satu perangko yang telah menerapkan teknologi kode QR yakni prangko seri Malioboro. Serit tersebut terdiri dari tiga desain yaitu Teras Malioboro, Ketandan Malioboro, dan Ngejaman Malioboro.

Baca juga: Kantor Pos Inggris Rilis Prangko Pertama Raja Charles III

Prangko Malioboro merupakan hasil inovasi serta kolaborasi Pos Indonesia bersama Pemerintah Kota Yogyakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Perum Percetakan Uang Republik Indonesia. Prangko tersebut diluncurkan pada 7 Juni 2023 untuk menyambut perayaan HUT ke-76 Kota Yogyakarta.

Adapun, gambaran Malioboro di prangko itu adalah hasil karya seni pelukis asli setempat, yaitu Astuti Kusumo.

"Peluncuran prangko ini menjadi momen penting untuk memperkenalkan banyaknya kegunaan prangko. Selain sebagai alat bayar, prangko juga bisa dijadikan benda koleksi bahkan juga pengingat akan sejarah dan budaya suatu daerah," jelas Faizal.

Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo, Wayan Toni Supriyanto menyatakan, Prangko Seri Malioboro selain memiliki nilai intrinsik dan nominal, juga bernilai memorabilia yang menjadi kenangan panjang, tentang bagaimana mengapresiasi Malioboro sebagai ikon sejarah dan pariwisata Kota Yogyakarta. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat