visitaaponce.com

Fakta dan Rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Fakta dan Rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Kereta cepat Jakarta-Bandung melintas di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.(Antara/Raisan Al Farisi)

KERETA Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan digratiskan mulai 18 Agustus 2023 hingga 3 bulan ke depan. Kereta ini akan beroperasi setiap harinya mulai pukul 05.30 sampai 22.00 WIB. Berikut ini fakta dan rute yang akan dilewati kereta tersebut.

KCJB merupakan kereta buatan Tiongkok. Kereta ini diklaim sebagai generasi terbaru dari jenis CR400AF. Berdasarkan spesifikasinya kereta ini mampu melaju dengan kecepatan 420 km/jam.
 
Rute sepanjang kurang lebih 142,3 km yang menghubungkan Jakarta-Bandung akan dihubungkan oleh kereta ini. Meski bisa mencapai kecepatan maksimal 420 km/jam, namun untuk KCJB nanti, CR400AF hanya akan dioperasikan dengan kecepatan maksimal 350 km/jam.

Baca juga : Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis 3 Bulan, Mulai 18 Agustus 2023

Berdasarkan kecepatan tersebut, maka jarak Jakarta-Bandung diperkirakan bisa ditempuh hanya dalam waktu 36 menit. Dengan tambahan pemberhentian beberapa stasiun maka lama perjalanan diperkirakan 46 menit.

 
Berikut ini rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung:

 

1. Stasiun Halim

Stasiun Halim yang terletak di Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur akan menjadi stasiun pertama pemberangkatan KCJB. Stasiun yang berjarak 41,166 km dari Karawang ini terhubung dengan Light Rail Transit (LRT).

Baca juga : Kereta Cepat Dikenalkan Mulai 17 Agustus, Tarif Minimal Rp1

 

2. Karawang Stasiun

Karawang, akan menjadi pemberhentian pertama KCJB. Letaknya berada di Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten. Karawang. Jaraknya sekitar 55,550 km dari Padalarang. BACA JUGA: Kereta Cepat Jadi Pusat Keunggulan dan Daya Saing Nasional


3. Padalarang

Selanjutnya, Stasiun Padarang, akan menjadi stasiun pemberhentian kedua KCJB. Letaknya di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

 

4. Tegalluar

Rute KCJB akan berakhir di Stasiun Tegalluar yang berada di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Stasiun ini sekaligus menjadi pemberhentian terakhir, sebelum KCJB baliak ke Jakarta.


Transportasi menuju Bandung

Pemberhentian terakhir di Tegalluar Kabupaten Bandung. Lalu bagaimana dengan penumpang yang ingin menuju kota Bandung?
 
Pemerintah sendiri akan menyiapkan kereta feeder untuk ke Kota Bandung. Kereta feeder itu bisa dinaiki di Stasiun Padalarang, jadi bagi masyarakat yang mau ke Kota Bandung harus dianjurkan turun di Stasiun Padalarang.
 
Dari stasiun Padalarang, bisa melanjutkan perjalanan naik kereta ke Stasiun Bandung. Kereta feeder dari Padalarang ke Bandung akan menempuh waktu selama 22 menit. Maka total waktu tempuh naik kereta cepat dari Jakarta ke Bandung bisa mencapai sekitar 50 menitan. (Medcom.id/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat