visitaaponce.com

Laba Bersih Barito Pacific Tumbuh 173,3

Laba Bersih Barito Pacific Tumbuh 173,3%
Ilustrasi(MI)

PT Barito Pacific membukukan laba bersih setelah pajak sebesar US$82 juta di semester pertama 2023. Angka tersebut tumbuh 173,3% dibandingkan capaian di periode sama di tahun sebelumnya, yang hanya US$30 juta.

Direktur Utama Barito Pacific Agus Pangestu mengatakan hasil kinerja keuangan yang apik itu mencerminkan moderasi momentum pemulihan ekonomi Tiongkok. Apa yang terjadi di Negeri Tirai Bambu, berdampak pada industri petrokimia global.

Kendati demikian, ke depan, perusahaan tidak mau terus bergantung pada situasi global. Barito Pacific akan melakukan diversifikasi dan membangun profil ketahanan yang lebih kuat sebagai bagian dari upaya trasnformasi.

Baca juga: Laba BTN Syariah Capai Rp281,21 Miliar di Semester I 2023

"Secara keseluruhan, hasil dari transformasi bisnis kami melalui ekspansi pada segmen panas bumi terus berkontribusi positif terhadap kinerja konsolidasi keuangan perusahaan," ujar Agus dalam keterangan resmi, Senin (31/7).

Di tengah laba bersih yang tumbuh sampai 173%, ada anomaly yang terjadi. Pendapatan bersih perusahaan mengalami penurunan 15,1% dari US$1,6 miliar di semester pertama 2022 menjadi US$1,3 miliar di semester pertama 2023.

Baca juga: Laba Bersih BTPN Terkoreksi 13% di Semester Pertama 2023

Agus mengatakan penurunan tersbeut terjadi karena penjualan yang lebih rendah, seiring dengan dinamika supply dan demand yang masih berlanjut di segmen petrokimia.  Meskipun pendapatan menurun, pemulihan operasional petrokimia dan segmen panas bumi yang stabil mendorong pertumbuhan EBITDA yang lebih kuat yakni sebesar 35% menjadi US$349 juta di semester pertama tahun ini, dari posisi US$258 juta.

Selain penguatan laba, perusahaan juga terus menjaga dengan baik profil likuiditas di enam bulan pertama 2023, dengan rasio utang terhadap modal 53% dan rasio utang bersih terhadap ekuitas sebesar 0,75x. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat