visitaaponce.com

Pfizer Pangkas Prospek Pendapatan 2023 karena Laba Turun

Pfizer Pangkas Prospek Pendapatan 2023 karena Laba Turun
Logo Pfizer.(AFP/John Thys.)

PFIZER melaporkan penurunan laba yang tajam pada Selasa (1/8) karena pendapatan terkait covid-19 yang jauh lebih rendah. Karenanya, prospek penjualan setahun penuh dipangkas. Ini sebagian karena kerusakan pada fasilitas manufaktur utama akibat tornado.

Keuntungan perusahaan farmasi itu pada kuartal kedua sebesar US$2,3 miliar atau turun 77%. Ini karena pendapatan turun 54% menjadi US$12,7 miliar.

Pendapatan triwulanan untuk vaksin covid-19 Pfizer dan terapi Paxlovid mencapai US$1,6 miliar. Angka ini jauh di bawah US$16,9 miliar pada periode tahun lalu.

Baca juga: Laba Bersih Kuartal I Toyota Naik ke Rp138 Triliun

Pembuat obat itu melihat tantangan pada beberapa pendapatan produk individu jangka pendek karena memangkas perkiraan penjualan setahun penuh. Ini termasuk persetujuan AS untuk kombinasi obat kanker prostat dan rekomendasi yang diperlukan untuk vaksin Abrysvo dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Pfizer juga menyebut kerusakan akibat tornado baru-baru ini di fasilitas manufaktur North Carolina sebagai penghambat hasil jangka pendek. Tornado menghantam pabrik Pfizer di Rocky Mount pada 19 Juli yang menyumbang hampir 25% produksi suntikan steril perusahaan.

Baca juga: Perempuan Pertama Pimpin Grup Telekomunikasi Inggris BT

Pfizer mengatakan sebagian besar kerusakan terjadi pada gudang yang menyimpan bahan mentah dan obat jadi yang menunggu pelepasan dengan jaminan kualitas. Raksasa farmasi itu sekarang mengharapkan pertumbuhan pendapatan setahun penuh sebesar 6%-8% pada 2023, tidak termasuk program covid-19. Itu turun satu persen dari kisaran sebelumnya.

Tentang covid-19, Chief Financial Officer David Denton mengatakan lingkungan terus berkembang dengan cepat dan tetap sangat tidak dapat diprediksi. "Terlepas dari ketidakpastian ini, perusahaan mempertahankan fokusnya untuk memastikan keberhasilan vaksinasi musim gugur selama musim infeksi pernapasan," kata Denton dalam siaran pers.

Pfizer mengatakan akuisisi perusahaan bioteknologi Seagen tetap berjalan sesuai rencana. Perusahaan berhubungan dengan regulator dan berharap kesepakatan ditutup pada akhir 2023 atau awal 2024. Saham Pfizer turun 1,2% menjadi US$35,64 dalam perdagangan prapasar. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat