visitaaponce.com

OJK Konsumsi Masyarakat dan Investasi Jadi Mesin Pertumbuhan Berkelanjutan

OJK: Konsumsi Masyarakat dan Investasi Jadi Mesin Pertumbuhan Berkelanjutan
Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar(Antara)

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar menilai konsumi rumah tangga dan investasi bakal menjadi mesin pertumbuhan ekonomi Indonesia yang paling berkelanjutan. Pasalnya, dua komponen tersebut mendominasi sumbangan pertumbuhan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

"Dari segi keberlanjutan dan dari segi peningkatan untuk jangka waktu yang panjang, perekonomian berbasis pertumbuhannya pada konsumsi rumah tangga dan investasi yang untuk Indonesia dan 80%, itu jauh lebih berkelanjutan," ujar Mahendra dalam Literasi Keuangan Indonesia Terdepan 2023, Senin (14/8).

penilaian tersebut, sambungnya, didasarkan pada realisasi pertumbuhan ekonomi triwulan kedua 2023 yang sebesar 5,17% secara tahunan (year on year/yoy). Angka tersebut melampaui konsensus ekspektasi pasar yang memperkirakan ekonomi Indonesia hanya akan tumbuh 4,93% (yoy).

Baca juga: 31 Korban Pinjol Ilegal Jabar Mengadu ke OJK karena Diteror dan Diintimidasi

Relatif tingginya pertumbuhan ekonomi tersebut, kata Mahendra, ditopang oleh pertumbuhan konsumsi rumah tangga dan investasi yang masing-masing tercatat tumbuh 5,23% (yoy) dan 4,63% (yoy). Hal itu menurutnya menunjukkan kekuatan dua mesin utama pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Keduanya konsisten tetap tumbuh positif di tengah tekanan dari tidak pastinya situasi ekonomi global. Komponen yang paling terdampak dari situasi itu ialah kinerja eskpor yang tercatat mengalami pertumbuhan negatif di kisaran 2% pada triwulan kedua 2023.

Baca juga: OJK Minta Penjelasan Rektorat dan DEMA UIN RM Said Soal Pinjol

"Dua mesin pertumbuhan konsumsi rumah tangga dan investasi ini adalah 80% dari PDB Indonesia. Dibandingkan dengan ekspor yang walaupun tahun lalu tinggi, tapi sebenarnya secara potensi pertumbuhan merupakan 20% dari PDB Indonesia," terang Mahendra. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat