visitaaponce.com

Pengusaha Dukung Rencana Luhut Tutup Pabrik Pembuat Polusi di Jakarta

Pengusaha Dukung Rencana Luhut Tutup Pabrik Pembuat Polusi di Jakarta
Ilustrasi asap pembuangan pabrik yang menyumbang emisi penyebab polusi udara.(Antara )

KETUA Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mendukung rencana Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk menutup pabrik-pabrik yang abai terhadap pengurangan emisi di Jabodetabek.

"Saya rasa ini merupakan salah satu upaya yang baik untuk memastikan baku mutu emisi gas buang pabrik yang diketahui melebihi ambang batas," ungkapnya kepada Media Indonesia, Sabtu (19/8).

Shinta menyampaikan ketegasan dari pemerintah untuk menekan pencemaran polusi memang dibutuhkan untuk memastikan kepatuhan dalam upaya memperbaiki kualitas udara ibu kota melalui sanksi.

Baca juga: Luhut Ancam Tutup Pabrik Bandel Penyumbang Emisi Besar Penyebab Polusi

Namun demikian, Ketua Apindo meminta kepada pemerintah untuk memberikan waktu transisi yang didahului dengan sosialisasi, sehingga pabrik-pabrik yang beroperasi bisa memiliki tenggang waktu untuk memastikan baku mutu emisi gas buang tidak melebihi ambang batas.

"Yang harus diingat juga mengatasi masalah pencemaran perlu upaya ekstra yang tidak parsial, yang tidak hanya berhenti sampai emisi pabrik saja," ucapnya.

Baca juga: Uji Emisi akan Jadi Syarat Perpanjang STNK

Shinta menambahkan selain dari asap cerobong pabrik-pabrik, emisi juga dihasilkan dari kendaraan bermotor yang tiap tahun volumenya terus bertambah, sehingga menyebabkan kemacetan di Ibu Kota.

"Menurut hemat saya, perlu adanya simultan kebijakan dengan memastikan kepatuhan uji emisi kendaraan pribadi dari masyarakat yang sesuai standar," pungkas Shinta. (Ins/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat