visitaaponce.com

Integritas dan Kejujuran, Aircraft Cleaning GDPS Tingkatkan Kepercayaan dan ayanan Pada Pengguna

Integritas dan Kejujuran, Aircraft Cleaning GDPS  Tingkatkan Kepercayaan dan :ayanan Pada Pengguna
Aktivitas Aircraft Cleaning GDPS(Dok.Ist)

BARANG tertinggal di bandara atau pesawat ternyata tidak hanya kejadian yang kerap menimpa penumpang semata, tapi juga kepada crew atau awak airlines.

Seperti yang diceritakan  Ahmad Bastian, salah satu Aircraft Cleaning (AIC) PT Garuda Daya Pratama Sejahtera, yang selalu tanpa ragu mengembalikan barang berharga milik crew pesawat ketika sedang menjalankan tugasnya..

“Saat itu saya sedang membersihkan area pramugari, saat saya melihat bagian bawah tempat duduk pramugari ada hp, saat itu juga langsung saya report kepada pengawas tanpa pikir panjang”,  ujar  Bastian. 

Penemuan-penemuan barang berharga dan uang kerap kali terjadi setiap aktivitas pembersihan pesawat meski telah melewati proses pemeriksaan AVSEC. 

“Pemeriksaan kembali juga merupakan bagian dari rangkaian proses pekerjaan AIC, pasti ada beberapa barang yang tertinggal mulai dari barang tidak penting sampai yang memiliki nilai, untungnya kami selalu dibekali untuk memilki Golden Heart, jangan sampai kita menginginkan sesuatu yang bukan hak kita”, tambahnya.

Bastian sudah menjadi Aircraft Cleaning selama 9 tahun, menurut Bastian menjadi seorang AIC tidak hanya berbicara tentang proses pembersihan dan perawatan pesawat baik interior maupun eksteriornya saja tetapi juga bagaimana memberikan hasil yang terbaik dan konsisten dalam setiap pekerjaannya. “Kami saling bersinergi dengan Supervisor, Quality Assurance serta Koorninator untuk selalu memberikan hasil dan pelayanan yang maksimal untuk pesawat”, ungkap Bastian. 

Hingga saat ini total penemuan barang oleh Aircraft Cleaning GDPS di tahun 2023 sebanyak 270 barang dengan nilai total Rp 472 juta.  Melihat angka yang sangat besar serta cerita tentang Bastian sebagai Aircraft Cleaning GDPS ini menunjukkan bahwa integritas dan kejujuran adalah dua hal yang sangat penting dan diperlukan. 

Direktur Utama  GDPS Cornelis Radjawane   integritas dan kejujuran adalah dua hal yang sangat penting dan diperlukan di dalam dunia kerja terutama untuk meningkatkan kepercayaan customers terhadap pelayanan Perusahaan. 

"Bisa dikatakan keduanya adalah modal utama untuk mendapatkan kesuksesan di dunia kerja atau bisnis," kata Cornelis.

 Disamping itu setiap orang sangat perlu memiliki integritas yang tinggi dan  kejujuran hati yang tulus, karena kejujuran adalah salah satu pondasi karyawan yang berintegritas. Si lain sisi integritas dalam bekerja menjadi tolak ukur seseorang untuk menilai apakah seorang karyawan memegang amanah atau justru tidak memiliki integritas sama sekali, 

"Hal ini sangat penting, tidak hanya sebagai pondasi citra positif pada Perusahaan tetapi juga tingkat kepercayaan Perusahaan kepada karyawan itu sendiri, tambah Direktur Operasional  Vicky Firmansyah.

Vicky mengatakan seluruh AIC selalu diberikan briefing untuk terus menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dalam bekerja. Sehingga dak hanya dari sisi kebersihan,   AIC perlu memiliki attitude yang baik tidak hanya kepada atasan tetapi juga teknisi maintenance atau crew cabin serta rekan kerja, dengan menerapkan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun).  (RO/E-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Raja Suhud

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat