visitaaponce.com

Anies Baswedan Bakal Basmi Praktik Outsourcing yang Rugikan Pekerja

Anies Baswedan Bakal Basmi Praktik Outsourcing yang Rugikan Pekerja
Anies Baswedan dalam acara Desak Slepet AMIN di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 29 Januari 2024.(Dok. MGN)

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan mendengar keluhan pekerja terkait dengan sistem outsourcing. Anies janji bakal membasmi praktik outsourcing yang kerap merugikan pekerja.

"Jadi kami melihat pratik ini bukan praktik yang patut diteruskan," kata Anies dalam acara 'Desak Slepet AMIN' di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 29 Januari 2024.

Baca juga: Pertemuan Anies Baswedan dan Emil Salim Dorong Semangat Pilpres Bermartabat

Anies menilai diperlukan sebuah lembaga khusus yang memantau praktik outsourcing. Hal ini untuk memastikan setiap pekerja mendapatkan haknya secara menyeluruh.

"Kementerian atau di luar yang secara khusus melakukan pemantauan atas praktik-praktik outsourcing ini untuk memastikan bahwa ada tunjangan, ada pemenuhan hak-haknya dengan baik, tidak bisa PHK semaunya, dan seluruh kewajiban yang harus ditunaikan perusahaan itu terlaksana," ucap Anies.

Baca juga: Anies-Muhaimin Janji Sisihkan 5% dari APBN untuk Kaum Muda

Anies ingin membuat outsourcing menguntungkan dan menyetarakan manfaat antara pihak perusahaan dengan pekerja. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga akan melibatkan sejumlah pihak untuk menggodok sistem tersebut.

"Lalu ke depan lagi-lagi kita ingin melibatkan serikat buruh, pakarlintas bidang pengusaha untuk mengatur praktik outsourcing yang baik, fair. Jadi bukan outsourcing itu selalu bermasalah, tidak, tapi outsourcing yang tak fair, yang tidak berikan manfaat yang setara bagi kedua belah pihak," jelas Anies.
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat