visitaaponce.com

Menteri ESDM Tegaskan Pertalite Tak Langsung Hilang di 2024

Menteri ESDM Tegaskan Pertalite Tak Langsung Hilang di 2024
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.(Antara)

MENTERI Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menegaskan bahan bakar minyak (BBM) subsidi pertalite tidak langsung hilang beredar di tahun depan. Hal ini merespons usulan PT Pertamina (Persero) untuk menghapus BBM dengan nilai oktan (RON) 90 dengan produk BBM terbaru Pertamax Green 92.

"Belum, belum hilang," kata Arifin di Jakarta, Jumat (1/9).

Perihal rencana Pertamina yang akan menjual Pertamax Green 92 yakni campuran pertalite dengan kandungan 7% etanol, Menteri ESDM menyebut hal itu sebagai upaya menghadirkan BBM yang ramah lingkungan dengan meningkatkan kadar oktan dari 90 menjadi 92.

Baca juga: Pertamina: Penghapusan Pertalite Jadi Pertamax Green 92 Masih Usulan

"Bisa pertalite dicampur etanol. Sekarang ini kita tengah fokus menuju green fuel. Seperti program biodiesel 35% atau B35 dan ke depan ada B40," ucapnya.

Namun yang menjadi masalah, produk etanol dari tetes tebu masih diimpor. Pemerintah tengah berupaya untuk memenuhi produk etanol dengan uji coba program bioetanol di lahan milik PT Perkebunan Nusantara atau PTPN di Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Baca juga: Demi Kurangi Polusi, IESR Setuju Pertalite Dihapuskan

"Sementara etanolnya itu kan dari impor, kita belum punya (banyak). Kemarin baru kita lakukan uji coba produksi etanol di Jawa Timur. Sekarang kebun-kebun tebu di Jawa Timur mau diupayakan pakai teknologi dari Brazil untuk produksi etanol," tutup Arifin.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat