visitaaponce.com

Indonesia-Canada CEPA Diharapkan Rampung Akhir 2024

Indonesia-Canada CEPA Diharapkan Rampung Akhir 2024
Presiden Jokowi berjabat tangan dengan PM Kanada Justin Trudeau(BPMI Setpres)

Presiden Joko Widodo berharap proses negosiasi Indonesia-Kanada Comprehensive Economic Partnership Agreement (ICA-CEPA) bisa rampung di akhir 2024. Harapan tersebut ia sampaikan saat bertemu PM Kanada Justin Trudeau di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (6/9).

"Kedua pemimpin sepakat untuk mengupayakan negosiasi Indonesia-Kanada CEPA dapat selesai akhir tahun depan, akhir 2024," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai mendampingi Kepala Negara melakukan pertemuan bilateral dengan Trudeau

Kedua pemimpin pun mengapresiasi gugus tugas bilateral yang diharapkan dapat bisa mendorong percepatan tercapainya kesepakatan-kesepakatan yang telah dibahas selama ini.

Baca juga: PM Justin Trudeau Bertemu Jokowi Bahas Kemitraan Strategis ASEAN-Kanada

Selain itu, Jokowi juga turut meminta Pension Fund, lembaga investasi Kanada, untuk menanamkan modal di Tanah Air, terutama pada sejumlah proyek infrastruktur strategis, termasuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan bandara hijau di Kalimantan Utara.

"Kedua pemimpin juga bicara mengenai pentingnya kerja sama untuk mewujudkan ketahanan pangan. Saat ini BUMN Indonesia sedang menjajaki kerja sama pengadaan potas dan juga joint venture dengan perusahaan Kanada. Presiden sangat mengharapkan agar hal ini dapat segera terealisasi," jelas Retno.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Pusat Koordinasi dan Kendali Asap Lintas Batas ASEAN

Pada kesempatan yang sama, PM Trudeau menyampaikan apresiasi terhadap kepemimpinan Indonesia di kawasan yang dinilai cukup berpengaruh dan kesuksesan Indonesia memegang presidensi G20.

"PM Trudeau juga menyampaikan dukungannya terhadap aplikasi Indonesia di dalam OECD. Ia akan bicara dengan anggota OECD lagi untuk memberikan konsiderasi atau pertimbangan yang positif terhadap aplikasi Indonesia di OECD," tandas Retno. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat