visitaaponce.com

Jokowi Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung Hari Ini

Jokowi Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung Hari Ini
Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/5).(ANTARA/RAISAN AL FARISI)

DIREKTUR Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi menuturkan Presiden Jokowi akan menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada Rabu (13/9).

Dijadwalkan berangkat pukul 09.00 WIB, Jokowi bersama rombongan akan naik kereta cepat pertama di Asia Tenggara itu dari Stasiun KCJB Halim, Jakarta, hingga ke Stasiun Padalarang, Jawa Barat. Setelahnya, perjalanan dilanjutkan ke Stasiun Bandung dengan naik kereta pengumpan (feeder).

"Rutenya sampai ke Padalarang. Lalu, naik feeder sampai Bandung," kata Dwiyana saat ditemui di Stasiun Halim.

Baca juga: Pimpinan Komisi V: Tidak Masalah Operasional Kereta Cepat Diundur, yang Penting Jaminan Keamanan

Jokowi akan mencoba kereta baru itu bersama beberapa pembantunya, seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto.

Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo akan kembali menuju Stasiun Halim setelah menyelesaikan uji coba kereta cepat. 

Selain pejabat negara hadir sejumlah publik figur seperti Raffi Ahmad, Yuni Shara, Gading Marten, Lies Hartono atau dikenal Cak Lontong dan lainnya.

Kereta cepat relasi Jakarta-Bandung memiliki jalur sepanjang 142,3 kilometer dengan 13 terowongan dan melayani empat stasiun yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

Baca juga: Kantor Kereta Cepat di Halim Terbakar

Untuk meningkatkan konektivitas, disediakan akses dengan moda transportasi lain yakni kereta api ringan atau light rail transit (LRT) Jabodebek, kereta api feeder, commuter line Bandung Raya, shuttle bus dan lainnya.

Dwiyana sebelumnya mengatakan pihaknya memastikan segala aspek operasional KCJB siap sebelum diuji coba Presiden dan dikenalkan ke masyarakat pada Oktober, baik itu dari sisi sarana, prasarana hingga aksesibilitas dan integrasi.

"Uji coba KCJB terus berjalan sesuai jadwal dan rencana untuk memastikan segala aspek operasional berjalan dengan baik dan lancar," pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat