visitaaponce.com

CCSIKD-Pracheta-Mitsui Kembangkan Jaringan Kabel Telekomunikasi Sepanjang 4.100 Km

CCSIKD-Pracheta-Mitsui Kembangkan Jaringan Kabel Telekomunikasi Sepanjang 4.100 Km
Penandatanganan perjanjian usaha patungan bidang telekomunikasi, Varuna Cable Systems(Dok. Varuna Cable Systems)

PT CCSI Konektivitas Digital (CCSIKD), anak perusahaan dari PT Communication Cable Systems Indonesia (CCSI), PT Pracheta Nusa Telekom (Pracheta), anak perusahaan dari PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) dan Mitsui & Co., Ltd.-Jepang (Mitsui) menggelar penandatanganan Perjanjian Usaha Patungan dalam momentum kemitraan bersejarah yang akan mengubah lanskap sektor telekomunikasi Indonesia. 

Inisiatif tersebut memiliki tujuan mengembangkan jaringan kabel bawah laut antarpulau sepanjang 4.100 kilometer yang diberi nama Varuna Cable Systems (VARUNA), untuk menghubungkan pulau-pulau besar di Indonesia termasuk di dalamnya adalah Jawa, Bali, Lombok, Labuan Bajo, Sulawesi, Kalimantan, dan Madura

Jaringan yang penting itu terdiri dari 2.700 km kabel bawah laut dan 1.400 km kabel darat, dengan peran pentingnya dalam menyediakan konektivitas digital ke Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Baca juga : Inklusi, Konektivitas Internet dan Perlindungan Konsumen di RI Masih Jauh dari Harapan

Varuna Cahaya Santosa (VCS) menyatukan gabungan keahlian dan semangat pelopor dari perusahaan-perusahaan induknya. CCSI, pelopor di industri kabel optik Indonesia, merupakan  yang pertama di Indonesia yang memproduksi kabel bawah laut dengan Sertifikasi Internasional sejak 1996. Sementara itu, Matrix NAP Info, memiliki catatan lebih dari 20 tahun, sebagai operator kabel bawah laut sekaligus melayani penyedia layanan internet Indonesia dengan layanan bandwidth internasionalnya.

Mitsui & Co dari Jepang, telah menjadi investor kunci di jaringan kabel bawah laut skala besar lainnya seperti Juno Cable.

"Varuna Cable Systems adalah bukti visi kami untuk meningkatkan lanskap digital di luar Jawa. Melalui kerjasama dengan Matrix NAP Info dan Mitsui, kami siap menjadi pemimpin pasar dalam bisnis kabel bawah laut di Indonesia," kata Peter Djatmiko, CEO CCSI dan VCS

Baca juga : Tangkal Terorisme, BNPT Luncurkan Warung NKRI Digital di Klaten

Omar Syarif Nasution, Direktur Matrix NAP Info Omar Syarif Nasution menambahkan, jaringan Varuna melengkapi dan memperluas layanan Matrix NAP Info di dalam negeri, menandai bab baru dalam perjalanan kami melampaui Jawa. 

Kolaborasi dalam membentuk Varuna ini kami harapkan dapat semakin mendukung dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital dalam negeri secara inklusif," ujarnya.

Presiden Direktur Mitsui Indonesia Shinichi Kikuchihara mengatakan, inisiatif itu tidak hanya berkontribusi terhadap kemajuan bangsa namun juga selaras dengan strategi bisnis Mitsui dalam pengembangan infrastruktur digital. 

Baca juga : Migrasi ke Digital Buat Batik Makin Mendunia

Dengan memfokuskan upaya kami pada proyek Varuna, kami turut mendorong kemajuan, memberdayakan masyarakat, dan membentuk masa depan yang lebih cerah bagi Indonesia. Mitsui akan memanfaatkan pengetahuan yang kami peroleh dari pengalaman pengembangan proyek terkait infrastruktur di seluruh dunia,” tutup Shinichi. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat