visitaaponce.com

Gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung Bisa Dijajal hingga Akhir Bulan September

Gratis! Kereta Cepat Jakarta Bandung Bisa Dijajal hingga Akhir Bulan September
KCBJ mampu mencapai kecepatan maksimal 351 kilometer per jam.(MI/Andhika Prasetyo)

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) secara resmi menjalankan uji coba operasional terbatas Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) kepada masyarakat umum mulai hari ini, Jumat (15/9). Penumpang bisa menjajal moda transportasi baru itu secara gratis.

Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa menjelaskan uji coba tersebut dilakukan setelah izin operasional dari Kementerian Perhubungan diterbitkan pada Kamis, (14/9).

"Keterlibatan masyarakat dalam uji coba kereta cepat akan terus dilakukan hingga Sabtu, 30 September 2023," ujarnya Dalam keterangan resmi, Jumat (15/9).

Baca juga : Naik KCBJ, Jakarta-Bandung Cuma 28 Menit

Untuk tahap awal, masyarakat yang diutamakan dapat mengikuti kegiatan uji coba ini adalah warga yang tinggal di sekitar jalur lintas stasiun KCJB, sebagai bentuk apresiasi KCIC atas peran masyarakat sekitar jalur yang memberikan dukungan hingga proses pembangunan kereta cepat pertama di Asia Tenggara itu berjalan lancar.

Eva menerangkan untuk merasakan sensasi naik kereta cepat dapat dilakukan secara mandiri melalui website atau akun resmi KCIC yang dapat dilakukan mulai, Sabtu (17/9).

Baca juga : Pengalaman Naik Kereta Cepat: Kursinya Keras, Untung Lajunya Ngegas

Terdapat empat jadwal keberangkatan kereta selama proses uji coba penumpang tidak berbayar dari Stasiun KCJB Halim sampai ke Stasiun KCJB Tegalluar secara pulang-pergi.

Secara total setiap harinya terdapat delapan perjalanan kereta cepat.

"Selama masa ujicoba setiap hari nya akan terdapat sekitar 2.200 ketersediaan tempat duduk," tambah Eva.

Saat ini KCIC melalui pendataan di 98 desa/kelurahan dari 32 kecamatan yang tersebar di 9 kota/kabupaten di sepanjang jalur Stasiun KCJB. Warga tersebut melakukan pendaftaran melalui kecamatan setempat dan secara bergiliran akan mencoba perjalanan dengan kereta cepat melalui pengaturan keberangkatan secara khusus. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat