visitaaponce.com

Wapres Harap Kapasitas Pembangkit EBT Capai 700 Gigawat untuk Dorong Percepat Transisi Energi

Wapres Harap Kapasitas Pembangkit EBT Capai 700 Gigawat untuk Dorong Percepat Transisi Energi
Wapres Ma'ruf pada acara The 9th Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition (IIGCE) 2023(Dok. Tangkap Layar Youtube Wakil Presiden RI )

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyampaikan mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) harus dioptimalkan untuk mempercepat transisi energi. Diharapkan kapasitas pembangkit EBT mampu mencapai 700 gigawat pada 2060.

"(Pembangkit EBT) berasal dari berbagai potensi yang kita miliki seperti surya, hidro, angin, bioenergi, arus laut, dan panas bumi," ujar Wapres Ma'ruf dalam sambutannya pada acara The 9th Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition (IIGCE) 2023, di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu, 20 September 2023.

Wapres menyoroti potensi EBT dari panas bumi. Pemerintah, kata Wapres, terus mendorong pengembangan panas bumi melalui berbagai skema bisnis yang lebih menjanjikan.

Baca juga: Puncak Festival LIKE, Presiden Jokowi Serahkan SK Perhutanan Sosial dan TORA

"Diharapkan pada tahun 2060, kapasitas pembangkit panas bumi di Indonesia akan mencapai 22 gigawatt," jelas Wapres.

Wapres optimis target tersebut dapat terealisasikan. Sebab, pengembangan EBT di Indonesia terus mengalami peningkatan dalam lima tahun terakhir.

Baca juga: Antisipasi Kebakaran, Wapres Sebut Sistem Keamanan Museum Nasional Diperketat

"Indonesia telah bersepakat untuk mengurangi emisi gas rumah kaca global melalui transisi energi dengan meningkatkan EBT," jelasnya. (MGN/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat