visitaaponce.com

Rayakan HUT ke-55, Kadin DKI Gelorakan Soliditas Bantu UMKM

Rayakan HUT ke-55, Kadin DKI Gelorakan Soliditas Bantu UMKM
HUT ke-55 Kadin diwarnai acara fun walk yang dihadiri Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) dan Ketua Umum Kadin DKI Diana Dewi (kedua kiri).(Ist)

PERAYAAN hari ulang tahun (HUT) ke-55 Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berlangsung semarak dengan kegiatan fun walk yang diikuti lebih dari 5.000 peserta, di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu (24/9).

Secara resmi, bendara start dikibarkan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo didampingi Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Diana Dewi dan Wakil Ketua Umum Bidang Maritim, Investasi Dan Luar Negeri Kadin Indonesia Shinta Khamandani.

Baca juga: Jawab Tantangan Sektor UMKM dengan Konsistensi Pemberdayaan

"Kami bersyukur Kadin Indonesia mencapai usia 55 tahun dengan segala tantangan dan dinamika. Terlebih, bagaimana Kadin Indonesia yang merupakan wadah pengusaha di Indonesia bisa melewati pandemi covid-19," kata Diana Dewi, dalam siaran persnya, Senin (24/9).

Diana menambahkan seiring pertambahan usia, Kadin bisa semakin dewasa dan mampu mengayomi para pengusaha di Indonesia, termasuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Sejatinya kehadiran Kadin bukan hanya untuk pengusaha besar, tapi semua pelaku usaha di Indonesia. Kita juga ketahui bersama bahwa UMKM memiliki ketahanan kuat di masa krisis, bahkan di tengah collaps-nya sejumlah usaha skala besar," imbuhnya.

Baca juga: Dukung Perluasan Pasar dan Daya Saing UMKM, Kementerian BUMN Gelar Bazar di Sarinah

Melalui sejumlah program kerjanya, diharapkan Kadin terus melengkapi pelaku usaha, utamanya bagaimana memanfaatkan teknologi digital dalam mendukung bisnis.

"Kita harus mendorong agar pelaku UMKM bisa memanfaatkan teknologi dalam memperluas usaha. Juga memberi kesempatan akses permodalan dan peluang usaha," seru Diana yang juga owner Toko Daging Nusantara ini. 

Tak hanya itu, pelaku usaha juga perlu didorong mengembangkan usaha, baik di lingkungan ASEAN maupun Asia.

Seperti dilakukan oleh Kadin DKI Jakarta dengan menginisiasi business matching antara pelaku usaha di Jakarta dengan sejumlah negara antara lain, Vietnam, Singapura, Inggris, dan sebagainya.

"Kadin DKI Jakarta terus mendorong pebisnis Ibu Kota untuk berkembang. Bagi pelaku UMKM mulai menggunakan teknologi digital dan pelaku usaha menengah ke atas bisa mengembangkan bisnis lintas negara," tukasnya.

Baca juga: Masalah Pembiayaan Masih Jadi Kendala UMKM

Hal senada dikatakan Ketua Forum Corporate Social Responsibility (CSR) DKI Jakarta Aldi Imam Wibowo yang mengikuti fun walk tersebut.

"Kami meyakini peran Kadin sangat besar untuk membantu pelaku usaha, dari sisi pelatihan, kemitraan atau jaringan, sosialisasi, dan aksi-aksi kemanusiaan, sehingga bisa menyentuh langsung, tidak hanya para pengusaha tapi juga masyarakat," serunya.

Pada acara itu juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasyid yang secara simbolis diberikan kepada Diana Dewi. Hadir sejumlah pengurus Kadin, baik pusat maupun Jakarta.

Diana berharap dengan bertambahnya usia Kadin Indonesia, pertumbuhan ekonomi negara akan makin baik, para pengusaha semakin maju dan buruh atau pekerja juga bisa kian sejahtera.

"Kadin merupakan garda terdepan yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejateraan rakyat," pungkas Diana.

Ketua Panitia HUT ke-55 Kadin Indonesia Carmelita Hartoto memuji penyelenggaraan ulang tahun Kadin Indonesia kali ini.

"Kami apresiasi dukungan teman-teman Kadin DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Ibu Diana Dewi yang ikut menyukseskan acara," cetusnya. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat