visitaaponce.com

Presiden Resmikan Kereta Cepat Whoosh, Tarifnya Masih Gratis

Presiden Resmikan Kereta Cepat Whoosh, Tarifnya Masih Gratis
Presiden Jokowi meresmikan Kereta Cepat Jakarta Bandung(Youtube/Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo meresmikan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), kereta api berkecepatan tinggi pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, Senin (2/10). Sepur super kilat itu juga telah resmi memiliki nama Whoosh yang merupakan singaktan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh, saya nyatakan dioperasikan," ujar Jokowi saat peresmian di Stasiun KCJB Halim, Jakarta, Senin.

Kendati sudah resmi beroperasi, pemerintah belum menetapkan besaran tarif KCJB. Untuk saat ini sampai pertengahan Oktober mendatang, masyarakat masih bisa menikmati moda transportasi anyar itu secara gratis.

Baca juga: Mudahkan Penumpang, Stasiun Kereta Cepar Halim Dilalui TransJakarta

"Hingga pertengahan Oktober, pengoperasian tetap gratis," sambung Jokowi.

Kegiatan peresmian berlangsung pukul 09.00 WIB bertempat di Peron 3 dan 4 lantai 3 Stasiun KCJB Halim. Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Kepala Negara.

Baca juga: Sulit Balik Modal, Pemerintah Dinilai Gamang Tentukan Tarif Kereta Cepat Whoosh

Usai peresmian, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan bertolak menuju Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, menggunakan rangkaian Whoosh bernomor G3501 di peron 3.

Turut mendampingi Presiden, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menhub Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat