visitaaponce.com

ADB Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Stagnan di 2024

ADB: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Stagnan di 2024
Ilustrasi(Medcom)

Asia Development Bank (ADB) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2024 akan stagnan. Dalam Asian Development Outlook yang terbit pekan lalu, lembaga tersebut memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan berada di kisaran 5,0% (yoy), sama dengan perkiraan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2023 yang juga sebesar 5,0% (yoy).

"Proyeksi tersebut dilatarbelakangi oleh berbagai indikator atau variabel yang berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus, Kamis (5/10).

Bank Dunia mengungkapkan melambatnya ekonomi Tiongkok akan berimbas pada hubungan perdagangan Indonesia dan negara tersebut. Sebagaimana diketahui, Negeri Tirai Bambu adalah salah stu sebagai salah satu mitra dagang utama bagi Indonesia.

Baca juga: Plus Minus Penyelenggaraan Pemilu pada Ekonomi

Selain itum menurut ADB, 2024 juga merupakan tahun politik yang bisa memberikan dampak pada aktivitas investasi. Pesta demokrasi dipercaya akan membuat investasi bergerak lambat imbas dari belum adanya kepastian politik. Pelaku usaha cenderung untuk menahan ekspansi bisnis mereka.

"Namun, hal ini tidak akan berlangsung lama sejauh kepastian politik segera diberikan," kata Nico. (Z-11)

Baca juga: BI Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,3%

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat