visitaaponce.com

ADB dan Pemerintah Luncurkan SDGs Baseline Report untuk IKN

ADB dan Pemerintah Luncurkan SDGs Baseline Report untuk IKN
Pekerja menyelesaikan pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN).(ANTARA/RIVAN AWAL LINGGA)

ASIAN Development Bank (ADB) dan pemerintah Indonesia meluncurkan laporan baseline tinjauan lokal sukarela tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) Nusantara di Forum Pembangunan Berkelanjutan Asia-Pasifik ke-11.

Laporan tersebut akan memberikan kontribusi terhadap upaya Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dalam mengintegrasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) ke dalam semua aspek pembangunan kota.

Direktur ADB untuk Indonesia Jiro Tominaga mengatakan, laporan tersebut menyoroti kontribusi Nusantara terhadap SDGs, termasuk akses terhadap perumahan yang terjangkau dan layanan infrastruktur dasar seperti air, transportasi, dan sanitasi.

Baca juga : PBB Kunjungi Kawasan IKN di Kalimantan

Laporan tersebut juga mencatat area-area di mana perbaikan dalam implementasi SDGs diperlukan, seperti potensi ketidaksetaraan pendapatan yang timbul dari kesenjangan ekonomi antara penduduk Nusantara yang baru dan masyarakat yang sudah ada.

Laporan itu juga menjadi dasar bagi pengembangan Tinjauan Lokal Sukarela (Voluntary Local Review/VLR) di masa mendatang tentang implementasi SDGs. VLR akan memfasilitasi pengambilan keputusan berbasis data dan berfungsi sebagai tolok ukur dalam mengukur kemajuan SDGs, terutama untuk kota-kota baru dan berkembang di mana praktik pembangunan berkelanjutan menjadi hal yang fundamental.

“Pemerintah daerah, seperti OIKN, memainkan peran penting dalam mengimplementasikan SDGs. ADB senang dapat bermitra dengan OIKN dalam laporan baseline SDGs ini, yang memberikan contoh bagaimana kepemimpinan lokal dan langkah-langkah proaktif dapat mendorong perubahan yang berarti dalam skala global,” kata Tominaga seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (23/2).

Baca juga :  Crown Group Terapkan Konsep Green Building Sejak Satu Dekade Lalu

Sementara itu, Kepala OIKN Bambang Susantono mengatakan, laporan baseline dan tinjauan lokal sukarela tersebut bukan sekadar langkah untuk mencapai tujuan ambisius Indonesia dalam membangun Nusantara yang berkelanjutan. Hal itu menurutnya, juga menjadi lompatan bagi Otoritas dalam mengintegrasikan Nusantara ke dalam pencapaian SDGs global.

“Ini merupakan lompatan dalam perjalanan kami untuk mengintegrasikan Nusantara ke dalam upaya global untuk mencapai SDGs yang diuraikan dalam Agenda 2030. Saya berterima kasih kepada ADB dan para mitra pembangunan atas peran mereka dalam mewujudkan upaya ini lebih lanjut,” tuturnya.

Dia menambahkan, pengembangan baseline tinjauan lokal sukarela tujuan pembangunan berkelanjutan Nusantara dimungkinkan dengan dukungan dari pemerintah Australia. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat