visitaaponce.com

DPR Dorong BI dan OJK Sinergi dengan Pemprov Tingkatkan KUR UMKM di Sulsel

DPR Dorong BI dan OJK Sinergi dengan Pemprov Tingkatkan KUR UMKM di Sulsel
Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Amir Uskara.(Ist/DPR)

KOMISI XI DPR RI mendorong Bank Indonesia (BI, OJK, LPS, Himbara, Jamkrindo dan Askrindo bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) khususnya di Sulawesi Selatan (Sulsel) memberi perhatian khusus terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan meningkatkan pagu Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dengan demikian, diharapkan indeks perekonomian Sulsel dapat kembali rebound bertumbuh diatas rata-rata nasional.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Amir Uskara saat diwawancarai Parlementaria usai memimpin tim kunjungan kerja reses Komisi XI DPR RI ke Gowa, Provinsi Sulsel, Rabu (4/10).

Baca juga: Teten: Masih Banyak E-Commerce, Tutupnya TikTok Shop Tidak Bikin Mati UMKM

"Kalau kita melihat pagu kredit untuk UMKM di Sulsel ini memang masih belum maksimal, itu sangat masih kecil terlihat dari KUR mikro yang digelontorkan di perbankan di Sulsel ini masih sangat kecil dibandingkan grade kredit nasional lainnya," ujar Politisi Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) ini menyayangkan.

"Tentu kita terus mendorong industri memberikan perhatian yang lebih khusus kepada UMKM kita yang selama ini memang saya kira cukup kuatlah untuk pertumbuhan ekonomi dan tentu pasti akan cukup berpengaruh maksimal," lanjut Legislator Dapil Sulsel I ini menegaskan.

Baca juga: Puluhan UMKM Batik Binaan Grup MIND ID Sukses Go Internasional

Namun demikian, ia optimistis menyakini pertumbuhan ekonomi rata-rata nasional di Sulsel bisa rebound kembali sebagaimana tahun-tahun sebelumnya diatas rata-rata nasional.

"Bahkan, seperti yang saya sampaikan tadi sekitar 200 basis points di atas rata-rata nasional. Mudah-mudahan itu bisa segera kembali," pungkasnya.

Baca juga: TikTok Shop Ditutup, Pemerintah Diminta Bantu Pemberdayaan UMKM di Kanal Digital

Turut hadir dalam kunjungan kerja reses Komisi XI DPR RI ke Provinsi Sulsel tersebut diantaranya yaitu Anggota Komisi XI DPR RI Marinus Gea (Fraksi PDI-Perjuangan) Kamrussamad (Fraksi Partai Gerindra), Bahtra (Fraksi Partai Gerindra), dan Hidayatullah (Fraksi PKS). 

Hadir pula Deputi Gubernur BI Fillianingsih Hendarta, Kepala Perwakilan BI Sulsel Causa Iman Karana, Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, LKM dan LJK OJK Agusman, Kepala OJK Regional 6 Sulawesi-Maluku-Papua Darwisman dan Wakil Ketua Dewan Komisioner LPS Lana Soelistianingsih. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat