visitaaponce.com

Polda Metro Gandeng BI Teliti Uang Palsu Senilai Rp22 Miliar

Polda Metro Gandeng BI Teliti Uang Palsu Senilai Rp22 Miliar
Layar memampilkan logo Bank Indonesia (BI)(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

POLDA Metro Jaya turut menggandeng Bank Indonesia untuk melakukan pengecekan terhadap sampel dari uang palsu senilai Rp22 miliar. Penyidik telah mengirimkan sampel sebanyak 1.000 lembar untuk dicek keasliannya.

"Polda Metro Jaya sudah mengirimkan sebagian sampel uang yang diragukan keasliannya yaitu sebanyak 1.000 lembar kepada Bank Indonesia dan nanti secara bertahap akan disampaikan kepada Bank Indonesia dan dihitung. Kemudian diteliti," kata Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI Agus Susanto Pratomo di Polda Metro Jaya, Jumat (21/6).

Dari hasil penelitian, didapati uang yang dikirimkan tersebut palsu. Agus menyebut uang yang dipalsukan adalah uang kertas senilai Rp100 ribu edisi tahun 2016.

Baca juga : Uang Palsu Rp22 Miliar Sedianya Ditukar Uang yang akan Dimusnahkan BI

"Hasil penelitian yang dilakukan oleh Bank Indonesia, menunjukkan bahwa seluruh sampel yang disampaikan oleh Polda Metro Jaya itu merupakan uang tidak asli," ujarnya.

"Secara rinci, mana saja dari hasil pemeriksaan laboratoris terkait dengan pecahan seratus ribu tahun edisi 2016, kami sudah sampaikan kepada Polda. Rincian yang mana saja yang kemudian unsur-unsur pengamannya tidak ada dan lain sebagainya," imbuhnya.

Agus mengimbau, masyarakat harus lebih teliti untuk mengecek keaslian uang. Pengecekan dapat dilakukan dengan metode dasar berupa 3D, yakni dilihat, diraba, dan diterawang.

Kemudian, lanjut Agus, masyarakat juga dapat mengecek dengan alat bantu sederhana, yaitu dengan UV maupun kaca pembesar.

"Bank Indonesia senantiasa mengeluarkan dan mengedarkan uang rupiah dengan unsur pengamanan yang tidak dapat ditiru namun mudah ditangani oleh masyarakat sebagai salah satu bentuk perlindungan uang rupiah dari upaya pemalsuan," pungkasnya. (Fik/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat