visitaaponce.com

Pusat Perbelanjaan Mulai Pulih, SMRA Buka Premium Outlet di Karawang

Pusat Perbelanjaan Mulai Pulih, SMRA Buka Premium Outlet di Karawang 
Summarecon Villaggio Outlets di Karawang Timur(Dok. Ist)

BISNIS properti pusat perbelanjaan ritel modern atau mall mulai pulih 100% sepanjang Januari-September 2023. Bahkan, tingkat hunian mal di Jakarta pada kuartal ketiga 2023 adalah sebesar 72,8%. 

Senior Associate Director Research Colliers Indonesia Ferry Salanto menyampaikan, penyewaan ruang pusat perbelanjaan kini mulai berangsur pulih. Dibanding dengan tahun sebelumnya, pada kuartal ketiga 2023, okupansi mall membaik. 

“Hal ini memicu peningkatan tarif sewa. Beberapa mal tengah ancang-ancang menaikan tarif sewa,” kata Ferry secara virtual, Rabu (4/10).

Baca juga: Pakar Properti Usulkan Hal Ini untuk Merealisasikan Target Zero Backlog Perumahan 2045

Berdasarkan survei Colliers, tingkat hunian mal di Jakarta pada kuartal ketiga 2023 adalah sebesar 72,8%. Menyusul setelahnya di wilayah Bodetabek 70,4%. Total pasok mal di Jakarta seluas 4,86 juta meter persegi (m2), sedangkan di Bodetabek 2,97 juta m2.

Di Bodetabek, total penambahan pasok hingga tahun 2025 mencapai hampir 300.000 ribu m2, 45% di antaranya akan berada di Bekasi.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Membeli Properti? Simak Tips dari Hana Business Square

“Sinyal pemulihan mal tentunya ditandai dengan aktivitas penyewaan yang mengalami peningkatan dan permintaan atas ruang baru untuk perluasan operasinya. Beberapa penyewa utama sedang aktif mencari ruang baru untuk memperluas operasinya.

Summarecon Villaggio Outlets

Kondisi properti sektor ritel modern ini membuat PT Summarecon Agung Tbk agresif memperluas lini bisnis ritelnya. Diketahui okupansi mall-mall milik Summarecon Agung ikut pulih seperti Summarecon Mall Kelapa Gading sebesar 93%, Summarecon Mall Serpong 89%, dan Summarecon Mall Bekasi 97%.

President Director PT Summarecon Agung Tbk Adrianto P Adhi menyampaikan, kondisi ekonomi Indonesia telah membuktikan diri kuat dan stabil, dengan pertumbuhan positif di atas 5%. Hal ini turut memberikan dampak positif pada pasar ritel.

“Ini tentu meyakinkan kami untuk memperkenalkan konsep pertama dan terbaru di Indonesia, yaitu Authentic Outlet Shopping Village. Summarecon Villaggio Outlets akan semakin mengukuhkan Summarecon sebagai pengembang dan operator pusat perbelanjaan terkemuka di Indonesia,” kata Adhi dalam peresmian Summarecon Villagio Outlets, Karawang, Jawa Barat.

Kehadiran Villaggio dengan konsep berbeda dibandingkan unit pusat perbelanjaan telah yang dimiliki oleh Summarecon akan melengkapi portofolio bisnis, khususnya dalam unit usaha Investment Property. 

Sebelumnya Summarecon telah sukses mengelola tiga mal di Jabodetabek serta satu Lifestyle Village di Bali yaitu Summarecon Mall Kelapa Gading, Summarecon Mall Serpong, Summarecon Mall Bekasi dan Samasta Lifestyle Village. Hingga saat ini Summarecon telah memiliki dan mengoperasikan pusat perbelanjaan dengan total gross floor area (GFA) mencapai 350.000 meter persegi (m2).

Summarecon Villaggio Outlets menempati area seluas 88.120 m2, dengan luas area penyewaan (leasing area) seluas 14.600 m2. Untuk  tahap pertama dengan total area penyewaan seluruhnya mencapai 28.000 m2.

Villagio dikembangkan dengan desain ritel satu lantai dan ruang terbuka untuk destinasi terapi retail yang unik. Menghadirkan ratusan brand yang menawarkan berbagai merek internasional terkemuka di semua kategori retail seperti fesyen dan aksesoris, sepatu dan tas, perlengkapan olahraga dan outdoor, lifestyle dan banyak lagi.

Sebagai Indonesia’s First Authentic Outlet Shopping Village, Summarecon Villaggio Outlets mengusung konsep otentik outlet yang sebelumnya telah hadir di Jepang, Malaysia, Thailand Korea, dan negara lain. Konsep ini untuk pertama kalinya hadir di Indonesia.

Head of Leasing Summarecon Region 1 San Budi mengatakan, Summarecon Villaggio Outlets menarik bagi penggemar brand premium yang mencari produk bermerek otentik dengan harga special. Di bawah harga normal ritel, namun kualitasnya tetap terjaga karena produknya bersumber dari official brand.

“Layaknya outlet-outlet berstandar internasional yang sudah hadir di luar negeri seperti di Jepang, Korea, Thailand, Malaysia dan lainnya, kami yakin bahwa Summarecon Villaggio Outlets akan disambut dengan baik oleh konsumen dan berharap dapat memulai ekspansi tahap kedua kami,” tandas dia. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat