visitaaponce.com

Peringati Word Habitat Day, Pegadaian Tanam10 Ribu Pohon di Area Pantai Cirebon

Peringati Word Habitat Day, Pegadaian Tanam 10 Ribu Pohon di Area Pantai Cirebon
PT Pegadaian Wilayah X Jabar menanam 10 ribu pohon mangrove di area pantai Desa Pangarengan, Pangenan, Cirebon, Jabar.(Ist/Pegadaian)

PT Pegadaian Wilayah X Jawa Barat (Jabar), melakukan penanaman sebanyak 10 ribu pohon mangrove di area pantai yang berada di Desa Pangarengan, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Jabar pada Jumat (5/10).

Penanaman pohon ini dalam rangka World Habitat Day yang biasa diperingati setiap tanggal 3 Oktober 2023.

“Kami dengan sejumlah pihak memotori acara ini untuk melestarikan hutan mangrove di area lautan Cirebon. Keberlangsungan hutan mangrove perlu dijaga, karena menjadi benteng alamai untuk melindungi pesisir dari erosi dan serangan gelombang besar,” kata Pimpinan PT Pegadaian Wilayah X Jabar Muh Ariyadi Purwanto melalui keterangannya di Bandung.

Baca juga: Pegadaian Jawa Barat Perluas Pelayanan

Menurut Ariyadi, akar-akar mangrove yang kuat akan menjaga tanah di sekitar garis Pantai. Selain itu, hutan mangrove juga menjadi tempat
hidup dan sumber makanan bagi sejumlah jenis satwa dan penanaman pohon mangrove di area pantai di Cirebon adalah kosistensi Pegadaian dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

“Salah satunya mendukung dalam kegiatan pelestarian hutan mangrove, mengingat betapa pentingnya mangrove bagi kelestarian dan lingkungan di sekitar Pantai,” ujarnya.

Di tengah kegiatan menanam pohon Mangrove, Ariyadi juga menjelaskan layanan PT Pegadaian yang dapat dimanfaatkan oleh Masyarakat, saat ini nasabah dapat bertransaksi di 5000-an agen Pegadaian yang dapat melayani berbagai produk, mulai dari gadai, KUR, pembiayaan cicil kendaraan, hingga investasi emas.

Baca juga: HiPPI DKI, KLHK, dan Kemenparekraf Gelar Kegiatan Tanam Mangrove

“Pegadaian berkomitmen untuk terus memberikan kemanfaatan kepada masyarakat melalui produk dan layanan terbaik maupun implementasi tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL),” jelasnya.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jabar, Dodit Ardian Pancapana mengucapakan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT
Pegadaian Kanwil X Jabar, yang sudah mensupport dan menginisiasi kegiatan penanaman 10.000 pohon mangrove di wilayah Pantai Kabupaten Cirebon dalam kegiatan Habitat World Day.

Baca juga: Himadiksi Unsoed Terima Hibah Berkat Gali Peluang Wirausaha Berbasis Mangrove

“Kegiatan ini sangat meriah, karena melibatkan pegawai PT Pegadaian Area Cirebon, pegawai Dinas Kehutanan, prajurit AL Lanal Cirebon, pegawai Dinas Lingkungan Hidup, warga Desa Pangarengan, dan perwakilan pelajar di Kabupaten Cirebon,” ucapnya.

Hadir dalam acara penanaman pohon ini, Kepala Cabang Dinas Kehutanan wilayah VIII Cirebon, Ahmad Subagja, Palaksa/Wadan Lanal Cirebon Mayor Marinir Jayusman, Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas dan Pemulihan Lingkungan Fifi Erneti, Ketua DWP HPAI, Yuniati Effendi, dan Kepala Desa Pangarengan Casardi. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat