visitaaponce.com

BPDPKS Sosialisasikan Pentingnya Peran Sawit kepada Mahasiswa

BPDPKS Sosialisasikan Pentingnya Peran Sawit kepada Mahasiswa
BPDPKS menggelar Talkshow GenSawit Volume 2 di Cornerstone Auditorium, Pasirkaliki, Bandung, Jawa Barat.(Istimewa)

Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggelar Talkshow GenSawit Volume 2 di Cornerstone Auditorium, Pasirkaliki, Bandung, Jawa Barat, akhir pekan lalu. Acara tersebut diikuti ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Himpunan Mahasiswa Bandung serta mahasiswa dari berbagai universitas di Kota Kembang.

Bidang Komunikasi Kompartemen Media Relation Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit mengungkapkan kegiatan tersebut dilakukan untuk memperkenalkan sawit dan berbagai manfaatnya kepada generasi muda. Dengan begitu, mereka diharapkan dapat memahami betapa pentingnya peran sektor tersebut dalam kehidupan sehari-hari umat manusia.

"Kita hidup 24 jam selalu menggunakan kelapa sawit. Kita memakai minyak, sabun, bahan pakaian, susu, bahan bakar semua itu mengandung sawit. Di dalam kelapa sawit memiliki kandungan minyak nabati yang mencukupi untuk kebutuhan manusia sehari hari. Sekitar 34% minyak kelapa sawit dikonsumsi oleh masyarakat dunia," ujar Fenny melalui keterangan resmi, Selasa (10/10).

Baca juga: Diversifikasi Pasar Sawit Kurangi Imbas UU Deforestasi Uni Eropa

Selain dari sisi ekonomi, sektor kelapa sawit juga memberi manfaat besar dari sisi sosial. Berkat kelapa sawit, jutaan masyarakat bisa memperoleh pekerjaan, mulai dari petani sampai yang terkait dalam proses pengolahan.

"Sawit menjadi komoditas strategis perekonomian Indonesia karena berkontribusi terhadap ketenagakerjaan. Sekitar 4,2 juta orang terlibat di dalamnya. Kelapa sawit juga menjadi andalan dalam," kata Senior Analis Divisi Perusahaan BPDPKS Anwar Sadat.

Baca juga: Selamatkan Sawit, Kementan Terjun Padamkan Kebakaran Lahan di Kalsel

Namun di tengah majunya industri perkebunan kelapa sawit, Ketua Bidang SDM dan Internasional DPP Apkasindo Djono Albar Burhan membeberkan persoalan dan tantangan yang dihadapi.

"Banyak tantangan dan isu negatif tentang petani sawit. Banyak isu yang mengatakan sangat sedikit petani yang diuntungkan dari minyak kelapa sawit," kata Ketua Bidang SDM dan Internasional DPP Apkasindo Djono Albar Burhan.

Melalui kegiatan ini, Djono berharap mahasiswa bisa menjadi kepanjangan tangan untuk mentampaikan informasi yang benar kepada masyarakat. Djono berharap mahasiswa bisa lebih terbuka dan menyaring informasi sejak dini untuk mengurangi hoaks yang terjadi pada industri kelapa sawit.

"Diharapkan untuk Gen Y dan Gen Z untuk bisa melawan hoaks sawit dan menggunakan teknologi untuk meningkatkan produktivitas petani sawit dengan digitalisasi dan juga memperbaiki administrasi perusahaan industri kelapa sawit," tandas Djono. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat