visitaaponce.com

Plt Mentan Pastikan Stok Pupuk Subsidi dan Nonsubsidi Aman di Kios

Plt Mentan Pastikan Stok Pupuk Subsidi dan Nonsubsidi Aman di Kios
PLT Mentan Arief Prasetyo pastikan stok pupuk subsidi dan nonsubsidi aman(MI/Insi Nantika Jelita )

PELAKSANA tugas (Plt) Menteri Pertanian (Mentan) Arief Prasetyo Adi melakukan kunjungan ke kios pupuk di Karawang, Jawa Barat, untuk mengecek ketersediaan stok pupuk subsidi dan nonsubsidi.

Saat berkunjung di Kios Dua Saudara, Kecamatan Tanjung Mekar, Karawang Barat, Arief memastikan ketersediaan produk pertanian tersebut kepada petani bernama

Abbas Surya dari Kelompok Tani Dharmatani Karawang Barat.

Baca juga : Stok Berlimpah, RI Bakal Ekspor 600 Ribu Ton Pupuk Urea

"Bagaimana pupuk subsidi dan nonsubsidi di sini pak? Aman semua?" tanya Plt Mentan

Baca juga : Lonjakan Harga Beras Perlu Diantisipasi

"Ada semua pak. Tanggal 3 Oktober kemarin baru datang yang pupuk nonsubidi," balas Abbas.

Ia menuturkan tidak ada masalah akses untuk mendapat pupuk subsidi dan nonsubsidi. Hasil panen padi nantinya diserahkan kepada tengkulak untuk menjual produk beras kepada pedagang. Menurutnya, yang menjadi masalah utama saat ini serangan hama yang merusak tanaman padi.

"Harga yang dijual ke tengkulak bervariasi. Hasil panen padi rata-rata enam sampai tujuh ton. Cuma banyak sekali hama tikus yang merusak padi-padi," terang Abbas.

Jelang musim tanam, Arief meminta jajarannya dan PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) menjaga ketersediaan stok pupuk bersubsidi maupun nonsubsidi untuk memenuhi kebutuhan petani.

"Baik pupuk komersial maupun pupuk subsidi ketersediaan harus menjadi nomor satu. Karena permintaan sedulur-sedulur petani kepada kita semua yang penting ada pupuknya," ungkapnya.

Kementan kemudian meminta PIHC untuk menghadirkan 26 ribu kios pupuk resmi di seluruh Indonesia dengan ketersediaan pupuk subsidi dan nonsubsidi yang aman.

"Saya mau semua kios pupuk di seluruh Indonesia punya pupuk subsidi dan nonsubsidi. Sebelum November dan Desember pupuk harus sudah ada semua kios," tegas Arief. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat