visitaaponce.com

APBN Kembali Catatkan Surplus Rp67,7 Triliun, Menkeu Trennya Cukup Baik

APBN Kembali Catatkan Surplus Rp67,7 Triliun, Menkeu: Trennya Cukup Baik
Ilustrasi(Antara)

MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kembali mencatatkan surplus hingga akhir September 2023. Anggaran negara tercatat surplus Rp67,7 triliun, setara 0,32% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

“Posisi APBN adalah dalam posisi suprlus Rp67,7 triliun, atau 0,32% dari PDB. Kalau dilihat dari keseimbangan primer, maka surplus dari keseimbangan primer adalah Rp389,7 triliun,” ujarnya dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Rabu (25/10).

Capaian surplus anggaran tersebut berasal dari kinerja pendapatan negara yang masih lebih tinggi ketimbang realisasi belanja. Data Kemenkeu menunjukkan pendapatan negara hingga akhir September 2023 mencapai Rp2.035,6 triliun.

Baca juga : Sri Mulyani: Ekonomi Indonesia Diyakini Tumbuh 5,1% di 2023

Nilai realisasi pendapatan itu setara 82,6% dari target pendapatan negara yang ada di dalam UU APBN 2023. Adapun realisasi itu tercatat tumbuh 3,1% bila dibandingkan dengan realisasi pendapatan negara di periode yang sama pada 2022.

“Ini adalah 82,6% dari target di dalam UU APBN 2023. Angka tersebut itu artinya 3,1% di atas tahun lalu,” kata Sri Mulyani.

Baca juga : Legislator Minta Pemerintah Harus Gerak Cepat Atasi Inflasi Harga Beras

Sementara realisasi belanja negara hingga bulan kesembilan di tahun ini telah mencapai Rp1.967,9 triliun. Nilai tersebut setara 64,3% dari alokasi belanja negara yang ada di dalam APBN 2023. Adapun realisasi itu lebih tinggi 2,8% dari capaian belanja di periode yang sama di 2022.

Sri Mulyani mengatakan, kinerja APBN tersebut menunjukkan capaian yang positif dan sesuai dengan yang direncanakan oleh pengelola keuangan negara. “Bahkan ada beberapa yang kita lihat trennya cukup baik. Namun kita tidak boleh terlena, kewaspadaan terus ditingkatkan,” pungkas dia. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat