visitaaponce.com

Timnas Amin Minta Serapan Anggaran Akhir Tahun Tidak Diselewengkan untuk Politik

Timnas Amin Minta Serapan Anggaran Akhir Tahun Tidak Diselewengkan untuk Politik
Co-Captai Timnas Amin SUdirman Said(MI/Susanto)

CO-Captain Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) Sudirman Said mewanti-wanti pemerintah tidak serampangan menyerap belanja di akhir tahun. Sebab, penyerapan yang asal menghabiskan anggaran berisiko pada kualitas program yang rendah.

"Ya karena waktunya pendek kan? Di-rush, kualitas proyeknya jadi dikorbankan. Yang penting segara ada berita acara, kemudian tagihannya keluar, terus anggarannya cair," katanya saat ditemui di Jakarta, Kamis (30/11).

Ia tak mau menanggapi lebih jauh soal potensi belanja pemerintah di akhir tahun yang bertepatan dengan momen kampanye Pemilu 2024. Namun, mantan Menteri ESDM era Presiden Joko Widodo periode pertama itu mengingatkan pemerintah tidak menyelewengkan anggaran untuk kepentingan politik.

Baca juga : Urusan Administrasi Dinilai Jadi Sebab Lambatnya Serapan Anggaran

"Jangan ada nafsu berlebihan untuk mengeluarkan anggaran karena sebetulnya kalau enggak habis masih bisa dipakai. Apalagi kalau diselewengkan untuk agenda politik, janganlah," tandasnya.

Realisasi serapan anggaran belanja pemerintah pusat pada akhir 2023 berada pada kisaran 74%, sedangkan serapan pemerintah daerah hanya 64%. 

Presiden Jokowi mengingatkan pemerintah hanya memiliki waktu tiga minggu untuk merealisasikan belanja tersebut. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat