visitaaponce.com

ESDM Ungkap Harga Asli BBM Pertalite Rp12.000 per Liter

ESDM Ungkap Harga Asli BBM Pertalite Rp12.000 per Liter
SPBU milik Pertamina(MI/Haryanto)

DIREKTUR Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji menegaskan belum ada rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite di tengah fluktuasi harga minyak dunia.

Harga BBM dengan nilai oktan (RON) 90 itu masih dipatok Rp10.000 per liter. Padahal, harga keekonomian pertalite sebesar Rp12.000 per liter. Artinya, pemerintah masih menanggung Rp2.000 dari setiap liter BBM subsidi.

"Harga ekonominya (pertalite) masih lebih sekitar Rp2.000-an," ujar Tutuka di Kantor Kementerian ESDM, Rabu (1/11).

Baca juga: Kenaikan Harga BBM Nonsubsidi, Menggoda Konsumen Pakai Bahan Bakar Bersubsidi

Berbeda dengan harga BBM subsidi yang stabil, harga BBM nonsubsidi yakni pertamax series selama dua bulan terakhir mengalami fluktuasi atau naik-turun. Hal ini, ungkap Tutuka, akibat dari harga minyak mentah dunia yang cenderung tidak stabil. Saat ini sejumlah badan usaha termasuk Pertamina telah menurunkan harga BBM nonsubsidi.

Menurut Dirjen Migas ESDM, Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi atau OPEC Plus berperan menjaga pasokan minyak global, sehingga harga komoditas energi tidak terus menerus meroket di tengah amukan perang Hamas-Israel.

Baca juga: Target Subsidi Motor Listrik Dipastikan tak Tercapai, Ini Penyebabnya

"Saya kira ini kan harga BBM masih tidak stabil. Coba Anda lihat bahwa konflik Hamas-Israel semakin keras, tetapi harga minyak bisa turun. Artinya, ada peran dari Arab Saudi dan OPEC Plus yang mengurangi atau menambah suplai," terangnya.

Tutuka menegaskan Kementerian ESDM terus memonitor harga minyak dunia karena berdampak pada harga BBM nonsubsidi ke depannya. Untuk harga BBM Pertamina jenis pertamax series dan dex series telah resmi turun per 1 November 2023. (Ins/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat