visitaaponce.com

Perusahaan Korea Bidik Pasar Halal Indonesia

Perusahaan Korea Bidik Pasar Halal Indonesia
Paviliun Korea di Jakarta International Food Expo 2023.(Ist)

SEBAGAI tindak lanjut peringatan 50 tahun hubungan diplomatik antara Korea dan Indonesia, pemerintah Korea akan terus aktif melakukan pemasaran K-food dan K-culture kepada masyarakat Indonesia.

"Kami juga terus aktif mendukung masuknya eksportir Korea ke pasar halal Indonesia melalui sertifikasi halal," ujar Direktur Ekspor Makanan Kementerian Pertanian, Pangan, dan Pedesaan Korea Kwon Oh-yeop, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (21/11).

Baca juga: Indonesia Setara Bawa Produk UMKM ke Pasar Halal Internasional Terbesar di Dunia

Langkah itu, kata dia, antara lain dilakukan dengan partisipasi mereka dalam Jakarta International Food Expo 2023 (Sial Interfood Jakarta) di Jakarta, pekan lalu.

Jakarta International Food Expo merupakan pameran makanan terbesar di Indonesia yang mengundang banyak perusahaan bidang makanan, minuman, dan horeca baik lokal maupun mancanegara, serta menargetkan pasar Indonesia yang sangat potensial dengan 270 juta lebih penduduk.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Menteri Pertanian, Pangan, dan Pedesaan Korea Jeong Hwang-geun dan CEO Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation Kim Chun-jin.

Kementerian Pertanian, Pangan, dan Pedesaan Korea beserta Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation menjalin kerja sama dengan 26 perusahaan eksportir K-food membuka Paviliun Korea dengan total 28 booth.

Baca juga: Aice Group Raih Penghargaan Top Halal Ward 2023

Kwon Oh-yeop melanjutkan pada ajang itu sejumlah perusahaan asal Korea menyiapkan zona promosi K-Halal di Paviliun Korea untuk menargetkan pasar halal lokal bagi masyarakat Indonesia.

"Kami memamerkan berbagai makanan Korea yang bersertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) seperti saus tteokbokki, saus, minuman, dan snack yang dapat menarik perhatian konsumen muslim di Indonesia," ungkap Kwon Oh-yeop.

Menurutnya, pembeli yang mengunjungi Paviliun Korea sangat tertarik dengan produk HMR Korea. Snack dan tteokbokki berkualitas tinggi juga mendapatkan respons positif, sehingga menghasilkan MoU dan kontrak perjanjian senilai lebih dari US$12 juta selama pameran.

Baca juga: Pemenang Top Halal Award Berpeluang Menangkan Kompetisi Pasar

Pada kesempatan itu, perusahaan juga melakukan upaya praktik manajemen environmental social governance (ESG) dengan membuat direktori elektronik dan menggunakan kode QR.

Secara khusus, 8 resep K-food yang disajikan di Korean Cooking Show dapat diakses dengan mudah oleh konsumen dan pembeli lokal melalui buku e-recipe untuk pengunjung yang ingin coba membuatnya di rumah.

"Kami optimistis masyarakat Indonesia yang sebagian besar muslim bakal tertarik dengan makanan Korea yang bersertifikat halal. Apalagi pada ajang itu, kami mampu mengumpulkan total US$38 juta dari hasil konsultasi ekspor yang dicapai," tutup Kwon Oh-yeop. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat