visitaaponce.com

Merek Lokal Naikkan Penjualan di Harbolnas

Merek Lokal Naikkan Penjualan di Harbolnas
Warga menggunakan perangkat elektronik untuk berbelanja daring di salah satu marketplace di Depok, Jawa Barat.(Antara/Yulius Satria Wijaya.)

TOKOPEDIA dan TikTok meluncurkan kampanye Beli Lokal saat momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12. Kampanye Beli Lokal bertujuan membantu para pelaku usaha, khususnya UMKM lokal, untuk mendapatkan panggung lebih luas.

Animo tinggi dari masyarakat terhadap kampanye Beli Lokal, termasuk saat momen Harbolnas 12.12, menimbulkan berbagai dampak positif pada penjualan para UMKM lokal. "Tokopedia mencatat kenaikan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan hampir 19 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di November 2023," ungkap Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan.

"Sejumlah merek lokal fesyen di Tokopedia pun mengalami rata-rata kenaikan transaksi lebih dari 13 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di November 2023," tambah Aditia. Secara keseluruhan, beberapa kategori produk yang paling laris di kampanye Beli Lokal, khususnya di Tokopedia pada Harbolnas 12.12, antara lain kecantikan, perawatan tubuh, fesyen, makanan dan minuman, serta rumah tangga. Sedangkan di TikTok, kategori tersebut didominasi kategori kecantikan dan perawatan diri, pakaian wanita, fesyen muslim, pakaian pria, serta makanan dan minuman.

Baca juga: KCIC Tambah 8 Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Per Hari di Masa Nataru, Ini Jadwalnya!

Sejumlah pelaku usaha di Tokopedia yang mengikuti kampanye Beli Lokal 12.12 lalu turut mencatat kenaikan penjualan, di antaranya SAFF & Co., Aerostreet, dan INTHEBOX yang juga menggunakan aplikasi TikTok untuk memperluas jangkauan pasarnya di Indonesia.

Pada semester I 2023, produk parfum menjadi salah satu produk perawatan tubuh yang paling laris di Tokopedia. Hal ini melatarbelakangi kolaborasi antara Tokopedia dengan berbagai pelaku usaha di kategori kecantikan dan perawatan tubuh, salah satunya brand lokal SAFF & Co. untuk meluncurkan Maleali eksklusif di Tokopedia saat Harbolnas 12.12. "Maleali memiliki karakter sweet dan woody diikuti dengan sedikit aroma aromatic. Lalu disusul oleh aroma creamy-woody dan dry down aroma sensual & comforting khas wangi patchouli dari Sulawesi," ujar Co-Founder SAFF & Co., Santi Tan.

Baca juga: Presiden Resmikan Pembangunan Hotel dan Restoran di IKN

SAFF & Co. didirikan pada 2020 dan menawarkan parfum buatan lokal. "Berawal dari hobi mengoleksi parfum, saya mendirikan SAFF & Co. untuk menghadirkan pengalaman fragrance yang baru dan terjangkau di kalangan masyarakat Indonesia. Dalam menghadirkan produk, kami mengambil bahan tertentu seperti minyak nilam Indonesia (patchouli) dari perdesaan di Sulawesi dan akar wangi (vetiver) dari Garut," kata Santi, yang mulai menjual produknya di TikTok pada 2022.

Di sisi lain, Adhitya Caesarico mendirikan usaha lokal sepatu Aerostreet pada 2015. Melalui usaha Aerostreet asal Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Adhitya ingin seluruh masyarakat dari berbagai latar belakangan bisa membeli sepatu olahraga, sneakers, hingga sepatu formal buatan lokal yang berkualitas dengan harga terjangkau. "Kini jenis produk Aerostreet makin banyak, mulai dari kaos, jeans, dan masih banyak lagi. Kampanye Beli Lokal dari Tokopedia dan TikTok sangat membantu kami untuk meningkatkan penjualan dibandingkan rata-rata transaksi harian di November 2023," tambah Adhitya.

Selain itu, pelaku usaha lokal di kategori rumah tangga seperti INTHEBOX turut beruntung. Saat ini usaha itu memiliki pabrik di Bandung, Jawa Barat, dan memberdayakan sekitar 500 karyawan. "Membangun brand awareness di awal bukan hal mudah. Keberadaan Tokopedia dan TikTok sangat membantu kami untuk membentuk brand awareness tersebut. Apalagi dengan bergabung di kampanye Beli Lokal, INTHEBOX bisa mengalami lonjakan penjualan di lebih dari 7 kali lipat di Tokopedia khususnya saat Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di November 2023 dan lebih dari 3 kali lipat di TikTok dibandingkan September 2023," kata Public Relations INTHEBOX (PT Duta Mas Mandiri), Feiko Revoliady Robin. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat