visitaaponce.com

Denmark Masuk Dalam Resesikarena Turunnya Kinerja Manufaktur

Denmark Masuk Dalam Resesi karena Turunnya Kinerja Manufaktur
Bendera Denmark(Unsplash)

PEREKONOMIAN Denmark memasuki resesi pada kuartal ketiga, karena mencatat kontraksi kedua berturut-turut karena perlambatan dalam industri farmasi, statistik resmi menunjukkan pada hari Jumat (22/12).

Produk domestik bruto negara tersebut menyusut 0,7% antara bulan Juli dan September dibandingkan periode tiga bulan sebelumnya, menurut Statistik Denmark.

Penurunan ini menyusul penurunan sebesar 0,7% pada kuartal kedua, yang membawa negara tersebut ke dalam resesi teknis, yang didefinisikan sebagai kontraksi dua kuartal berturut-turut.

Baca juga : Ini 3 Mesin Pendorong Ekonomi Nasional

“Penurunan pada kuartal ketiga terutama disebabkan oleh penurunan sektor manufaktur, dan industri farmasi berkontribusi terhadap penurunan tersebut,” kata Badan Statistik Denmark dalam sebuah pernyataan.

Selama enam bulan pertama tahun ini, PDB Denmark sebenarnya tumbuh sebesar 1,7% tahun-ke-tahun.

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh industri farmasi dan khususnya Novo Nordisk – perusahaan terbesar di Eropa berdasarkan kapitalisasi pasar – yang telah mengalami peningkatan dalam penjualan obat anti-obesitasnya.

Baca juga : Kelas Menengah juga Perlu Dukungan Pemerintah

Namun, “angka hari ini menunjukkan peningkatan konsumsi swasta,” kata Las Olsen, kepala ekonom di Danske Bank, dalam sebuah postingan di X, yang sebelumnya bernama Twitter.

“Pendapatan semakin meningkat. Ada potensi belanja lebih banyak ketika dan jika sentimen konsumen membaik,” lanjut Olsen. (AFP/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat