visitaaponce.com

Harga Emas Dunia Diprediksi Melanjutkan Tren Kenaikan

Harga Emas Dunia Diprediksi Melanjutkan Tren Kenaikan
Ilustrasi emas.(AFP/DAVID GRAY)

MENURUT analisis dari sejumlah sumber, termasuk pergerakan teknikal dan fundamental, harga emas diprediksi akan berlanjut dalam tren naiknya pada Selasa (26/12).

Dalam analisis teknikal oleh Deu Calion Futures (DCFX), diperkirakan bahwa emas akan tetap dalam tren bullish dengan level permintaan (demand) di kisaran $2051.70 - $2055.05.

Perkiraan hari ini sejalan dengan prediksi sebelumnya yang menunjukkan kemungkinan kenaikan harga emas. Dalam beberapa waktu terakhir, banyak investor beralih ke emas dibandingkan dengan mata uang lainnya, terutama Dolar AS yang kepercayaannya menurun akibat konflik geopolitik di Timur Tengah dan ketegangan antara Rusia dan Ukraina.

Baca juga: Harga Emas Antam Hari Ini Rp1,132 Juta per Gram

Secara fundamental, harga futures emas lebih tinggi selama sesi AS pada hari sebelumnya. Pada Divisi Comex New York Mercantile Exchange, futures emas untuk penyerahan Februari mengalami kenaikan sebesar USD2 per troy ons pada waktu penulisan, naik sebesar 0,64%.

"Pergerakan ini menggambarkan bahwa emas berpotensi untuk mendapatkan dukungan pada level tertentu, diperkirakan pada USD2.029,5 sebagai level support, sementara resistance diperkirakan berada di USD2.083," kata Analis (DCFX) Andrew Fischer, Selasa (26/12).

Sementara itu, dalam hal indeks Dolar AS Berjangka yang mengukur kinerja greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, terjadi penurunan sebesar 0,12% dan diperdagangkan pada USD101,36. Pergerakan ini juga memberikan dorongan bagi harga emas.

Baca juga: Galeri 24 Gelar Bazar Emas di Akhir Tahun

Di pasar Comex, harga perak untuk penyerahan Maret mengalami penurunan sebesar 0,47% menjadi diperdagangkan pada USD24,47 per troy ons, sementara tembaga untuk penyerahan Maret turun 0,41% menjadi diperdagangkan pada USD3,9 per pon.

Secara keseluruhan, prediksi untuk harga emas pada hari ini menunjukkan kecenderungan naik yang didukung oleh faktor teknikal dan fundamental, namun belum ada perubahan besar yang dapat mengubah tren kenaikan secara signifikan.

"Para investor diharapkan untuk tetap memantau perkembangan geopolitik dan pergerakan pasar yang mungkin mempengaruhi harga emas dalam beberapa jam ke depan," kata Fischer. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat