visitaaponce.com

125 Ribu Kendaraan Telah Kembali ke Jabotabek

125 Ribu Kendaraan Telah Kembali ke Jabotabek
Kendaraan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Kabupaten Karawang , Jawa Barat.(Antara )

PT JASA Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 125.828 kendaraan telah kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek). Jumlah itu tercatat pada Minggu, 31 Desember 2023.

"Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat gerbang tol (GT) barrier/utama," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Lisye Octaviana, melalui keterangan tertulis, Senin, 1 Januari 2024.

Keempat GT tersebut yakni GT Cikupa dari arah Merak, Banten, dan GT Ciawi dari arah Puncak, Jawa Barat. Kemudian, GT Cikampek Utama dari arah Trans Jawa, dan GT Kalihurip Utama dari arah Bandung, Jawa Barat.

Baca juga: Arus Balik Nataru, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Kendaraan yang kembali ke Jabotabek tersebut terdistribusi melalui tiga arah. Sebanyak 67.499 kendaraan atau 53,64 persen dari arah timur atau Trans Jawa dan Bandung.

Kemudian, 32.659 kendaraan atau 25,96 persen dari arah barat atau Merak. Lalu, 25.670 kendaraan atau 20,40 persen dari arah selatan atau Puncak.

Baca juga: Tol di Regional Nusantara Alami Peningkatan Volume Jelang Tahun Baru 2024

Lisye memerinci distribusi kendaraan yang bergerak dari arah timur atau melalui Trans Jawa dan Bandung lalu masuk Jabotabek. Kendaraan dari arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejumlah 37.563.

"Jumlah itu lebih rendah sebesar 5,43 persen dari lalu lintas normal," ujar Lisye.

Kemudian, kendaraan dari arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, sejumlah 29.936 kendaraan. Angka itu lebih rendah 38,43 persen dari lalin normal.

"Total lalin menuju Jabotabek dari arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 67.499 kendaraan, lebih rendah 23,59 persen dari lalin normal," jelas Lisye.

Berikutnya, kendaraan yang menuju Jabotabek dari arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak sebanyak 32.659 kendaraan. Angka itu lebih rendah sebesar 30,54 persen dari lalin normal.

"Sementara itu, jumlah kendaraan ke Jabotabek dari arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 25.670 kendaraan, lebih rendah sebesar 46,84 persen dari lalin normal," ucap Lisye. (Medcom/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat