visitaaponce.com

Harga Emas Meningkat di Tengah Penantian Pasar Menunggu Data Penting AS

Harga Emas Meningkat di Tengah Penantian Pasar Menunggu Data Penting AS
Emas batangan(Pexels)

HARGA emas meningkat ke zona US$2.035 per troy ons menjelang data inflasi AS yang dapat membentuk prospek Federal Reserve (The Fed) mengenai penurunan suku bunga tahun ini.

"Pada hari Rabu, terdapat pidato hawkish dari salah satu pejabat The Fed. Presiden Federal Reserve Bank of New York John Williams mengatakan masih terlalu dini untuk menyerukan penurunan suku bunga," kata tim riset ICDX, Kamis (11/1/2024).

Penurunan suku bunga yang terlalu dini itu karena bank sentral masih memiliki jarak untuk mengembalikan inflasi ke level 2% sasaran. 

Baca juga : Harga Emas Naik karena Data Ekonomi AS yang Melemah

Dia memperkirakan The Fed perlu mempertahankan sikap kebijakan yang restriktif selama beberapa waktu agar dapat sepenuhnya mencapai tujuan. 

The Fed akan mengurangi pengetatan kebijakan ketika sudah yakin inflasi bergerak menuju 2% secara berkelanjutan.

Sementara itu, fokus pasar menanti Indeks Harga Konsumen (CPI) AS yang dirilis pada Kamis, waktu setempat, dengan perkiraan inflasi umum naik 0,2% pada bulan tersebut dan sebesar 3,2% pada basis tahunan.

Baca juga : Sehabis Naik Tajam, Harga Emas Berjangka Stagnan. Kenapa?

Pada pertemuan sebelumnya pelaku pasar memperkirakan kemungkinan The Fed mulai menurunkan suku bunga pada bulan Maret, karena inflasi kembali mendekati target bank sentral AS sebesar 2%.

"Sehingga apabila rilis data inflasi AS lebih rendah dari perkiraan, maka akan memberi The Fed lebih banyak alasan untuk menurunkan suku bunga tahun 2024. Ini yang menjadi sentimen pendorong harga emas lebih tinggi," kata tim riset ICDX.

Senada, Analis Komoditas Mirae Asset Sekuritas Indonesia Tasrul Tanar mengatakan kenaikan harga emas saat ini diperkirakan masih akan terus menguat dan kembali masuk ke dalam pola kenaikan jangka pendek yang relatif kuat yang terbentuk selama 73 hari perdagangan terakhir.

Baca juga : Lagi, The Fed Naikkan Suku Bunga Acuan 25 Bps

"Secara statistik, pergerakan harga konsolidasi cenderung naik, dan harga masih di bawah Moving Average yang dioptimalkan selama 9 hari, mengindikasikan kecenderungan tekanan turun namun berpotensi menguat mengingat ada peluang harga masuk ke dalam tren naik," kata Tasrul.

Analisis Deu Calion Futures (DCFX) Andrew Fischer menyatakan bahwa pasar emas tengah menghadapi ketidakpastian yang cukup besar, dengan perhatian khusus rilis berita "US Inflation/CPI" yang diharapkan dapat memberikan arah baru bagi pergerakan harga emas.

"Keputusan pasar saat ini lebih bersifat "wait and see," dan banyak sentimen pasar yang cenderung ragu-ragu menghadapi potensi kenaikan inflasi di Amerika Serikat," kata Fischer. (Z-4)

Baca juga : Harga Emas Turun 6,5 USD Tertekan Prospek Kebijakan Moneter The Fed

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat