visitaaponce.com

Datangi Timnas Amin, Ini Aspirasi Asosuasi Petani Tembakau

Datangi Timnas Amin, Ini Aspirasi Asosuasi Petani Tembakau
Ilustrasi petani tembakau(Antara/Syaiful Arif)

TIM Nasional Anies-Muhaimin (Timnas Amin) menampung aspirasi asosiasi petani yang tergabung dalam Asosiasi Petani dan Pekerja Tembakau Nusantara (APTTN). 

Dewan Pakar Tim nasiomal Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas Amin) Marsekal Muda TNI (Purn) Supomo dan juru bicara Andi Sinulingga secara langsung menerima kedatangan APPTN.

“Kesinambungan subsektor pertembakauan memang harus dijaga masa depannya. Capres cawapres kami, Anies dan Cak Imin, juga sudah memikirkan kebaikan kebijakan pertembakauan dari hulu sampai hilirisasi,” kata Andi Sinulingga dalam keterangan tertulis, Minggu (4/2).

Baca juga : Salam 4 Jari, Timnas AMIN: Dampak Kebijakan Berpihak Pemerintah

Koordinator Nasonal APPTN Samukrah mengapresiasi Timnas AMIN. Menurut dia, saat ini seluruh petani dan pekerja tembakau di Indonesia membutuhkan penjelasan bagaimana kebijakan dari masing-masing capres cawapres terhadap keberlangsungan bidang pekerjaan mereka tersebut.

“Harus diakui juga bahwa tembakau telah melekat sebagai kebanggaan budaya di Indonesia,” ujar Samukrah.

Samukrah menuturkan petani dan pekerja tembakau telah merasa termarjinalkan akibat munculnya berbagai regulasi pertembakuan. Petani dan pekerjaan tembakau se-Indonesia merasa tidak ada keadilan regulasi bagi profesi mereka.

Baca juga : Timnas AMIN Optimis Anies Baswedan-Cak Imin Masuk Putaran Kedua Pilpres 2024

Samukrah mengatakan seluruh petani maupun pekerja tembakau di Indonesia menginginkan regulasi yang lebih melindungi ekosistem pertembakauan nasional. Termasuk, regulasi yang meningkatkan kesejahteraan mereka.

Samukrah berharap siapa yang terpilih sebagai Presiden dapat merumuskan kebijakan perlindungan pertembakauan. Termasuk, melibatkan pihak-pihak yang memang berkompetensi di ekosistem ini, antara lain petani serta pekerja.

“Agar mempunyia regulasi berkeadilan,” papar Samukrah.

Baca juga : Kampanye Akbar Anies-Cak Imin di Pasuruan Dibatalkan Sepihak, Timnas AMIN Lapor ke Bawaslu

Selain ke Timnas AMIN, pihaknya mengirim surat ke TKN Prabowo-Gibran dan TPN Ganjar-Mahfud. Diharapkan, surat tersebut menjadi pertimbangan mereka dalam membuat kebijakan siapa pun yang terpilih. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat