visitaaponce.com

Cadangan Devisa Akhir Januari Turun Jadi US145,1 Miliar

Cadangan Devisa Akhir Januari Turun Jadi US$145,1 Miliar
Ilustrasi(MI)

Nilai cadangan devisa pada akhir Januari 2024 tercatat US$145,1 miliar. Nilai tersebut mengalami penurunan dibanding posisi cadangan devisa pada akhir Desember 2023 yang tercatat sebesar US$146,4 miliar.

"Penurunan posisi cadangan devisa dipengaruhi jatuh tempo pembayaran utang luar negeri pemerintah," ujar Asisten Gubernur Bank Indonesia Erwin Haryono melalui siaran pers, Rabu (7/2).

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,6 bulan impor atau 6,4 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional yakni sekitar 3 bulan impor.

Baca juga : Cadangan Devisa November 2023 Meningkat

Bank Indonesia menilai cadangan devisa itu masih mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Ke depan, kata Erwin, bank sentral memandang cadangan devisa akan tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga.

Hal itu beriringan dengan sinergi respons bauran kebijakan yang ditempuh bank sentral dan pemerintah dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. (Mir)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat