visitaaponce.com

PLN EPI Gandeng Jepang Perkuat Rantai Pasok LNG

PLN EPI Gandeng Jepang Perkuat Rantai Pasok LNG
Kerja sama PLN EPI dengan JERA Co.Inc untuk memperkuat rantai pasok LNG di pembangkit PLN Grup.(Dok.Ist)

Sub Holding PT PLN, PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) bekerja sama dengan perusahaan gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) asal Jepang, JERA Co.Inc untuk memperkuat rantai pasok LNG di pembangkit PLN Grup.

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara saat menyaksikan penandatanganan kerja sama antara PLN EPI dan JERA di Bandung, Jawa Barat, Senin (5/2), menjelaskan langkah ini penting dilakukan untuk bisa menjamin pasokan energi primer aman ke pembangkit. Gas merupakan bahan bakar yang lebih rendah emisi dan alternatif selama transisi energi saat ini.

"Di era transisi energi ini, PLN EPI menyediakan gas sebagai energi primer yang mendukung percepatan pengembangan energi terbarukan," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (13/2)

Baca juga : PLN EPI Gandeng Maharaksa Biru Energi Dalam Utilisasi Biomassa STAB

Iwan menegaskan lewat kerja sama ini akan dikembangkan portofolio kontrak LNG, serta infrastruktur midstream atau kegiatan transportasi LNG untuk mengurangi konsumsi bahan bakar pembangkit listrik grup PLN.

Langkah pengembangan LNG ini, lanjutnya, juga menyasar sektor downstream atau kegiatan yang berkaitan dengan penjualan dan pendistribusian produk berupa hidrogen hijau dan amonia hijau.

Direktur Gas dan BBM PLN EPI Rakhmad Dewanto menambahkan gas atau LNG berperan sebagai substitusi BBM solar dan batu bara dalam jangka pendek dan dalam jangka menengah. Untuk jangka panjang, gas memegang peranan penting dalam transisi energi untuk mengejar target netralitas karbon atau net zero emissions (NZE) di 2060.

Baca juga : PLN EPI Gelar Apel Bersama Peringati Bulan K3 di Samarinda

"Kebutuhan gas akan meningkat dengan dibangunnya 25% pembangkit baru yang menggunakan gas. Diperlukan pengembangan portfolio LNG dan pengembangan infrastruktur midstream LNG untuk target NZE," ucapnya.

Rakhmad menjelaskan kerja sama antarq PLN EPI dan JERA Co.Inc menitikberatkan pada sejumlah aspek, seperti pengadaan dan pemanfaatan LNG di tahap midstream, serta pengembangan sumber daya manusia untuk aspek komersial dan pasar LNG.

Executive Officer Head of the Platform Business Group JERA Co.Inc Shinsuke Nakayama menyambut baik kolaborasi tersebut. Pihaknya berkomitmen untuk mendukung PLN EPI mengembangkan rantai pasok energi primer yang andal untuk Indonesia.

Baca juga : Libatkan 5.000 Petani, PLN EPI dan Keraton DIY Gencarkan Ekonomi Hijau

“Kami tahu PLN saat ini sedang mengembangkan bisnis dan memperkuat rantai pasok energinya. Sehingga, kami senang dapat mendukung perjalanan PLN untuk menyediakan suplai energi yang andal untuk Indonesia,” ujarnya. (Ins/E-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Raja Suhud

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat