visitaaponce.com

Belanja Liburan Tahun Baru di Tiongkok Melonjak Melampaui Tingkat Sebelum Pandemi

Belanja Liburan Tahun Baru di Tiongkok Melonjak Melampaui Tingkat Sebelum Pandemi
Calon penumpang memadati Stasiun Kereta Api di Shijiazhuang pada musim libur Tahun Baru Cina(Pedro PARDO / AFP)

Angka resmi menunjukkan bahwa belanja liburan tahun baru Tiongkok minggu lalu melonjak melampaui tingkat sebelum pandemi. Hal ini merupakan titik terang yang jarang terjadi bagi perekonomian yang sedang berjuang dengan lesunya konsumsi dan deflasi.

Menurut pernyataan dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Beijing pada Minggu (18/2), belanja domestik untuk hiburan, makan, dan perjalanan melonjak selama “Pekan Emas” tahun ini, yang secara resmi berakhir pada Sabtu (17/2) kemarin.

Ada sekitar 474 juta pelancong yang melintasi negara tersebut selama delapan hari libur, naik 19% dari tahun 2019, kata kementerian tersebut – yang merupakan migrasi tahunan terbesar di dunia.

Baca juga : Ini 5 Dampak Situasi Global yang Mesti Diwaspadai Pebisnis

“Dan belanja domestik untuk pariwisata mencapai 632,7 miliar yuan (US$87,9 miliar), naik 7,7% dari tahun 2019,” kata kementerian tersebut.

Liburan tahun baru tahun ini adalah yang kedua di Tiongkok setelah penghapusan kebijakan ketat pandemi nol-Covid di negara itu pada akhir 2022, yang menekan belanja konsumen dan memukul kepercayaan bisnis melalui kebijakan lockdown dan karantina yang berkepanjangan.

Pasar Tiongkok Daratan menguat pada pembukaan hari Senin (19/2) setelah libur Tahun Baru, dengan Indeks Komposit Shanghai naik 0,28% dan Indeks Komposit Shenzhen di bursa kedua Tiongkok bertambah 1,16%. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat